PENGARUH GROSS DOMESTIC PRODUCT, INFLASI DAN DISTRIBUSI BAGI HASIL TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (STUD! KASUS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA TAHUN 1998-2006)

ALIF RAKHMAN, NIM. 00390154 (2007) PENGARUH GROSS DOMESTIC PRODUCT, INFLASI DAN DISTRIBUSI BAGI HASIL TERHADAP DANA PIHAK KETIGA (STUD! KASUS PADA BANK MUAMALAT INDONESIA TAHUN 1998-2006). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (14MB)

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia beberapa tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini terbukti salah satunya melalui peningkaUin pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang menunjukkan perkembangan yang positif dari waktu ke waktu. Peningkatan DPK ini menunjukkan tingginya animo apresiasi masyarakat terhadap bank syariah. Meskipun demikian, perkembangan tingkat simpanan di berbagai bank, baik konvensional maupun bank syariah, dipengaruhi oleh faktor-faktor makroekonomi. Salah satu t'aktor makroekonomi yang dapat mempengaruhi volume Dana Pihak Ketiga (DPK) di perbankan adalah Gross Domestic Product (GDP)/Produk Domestik Brute. Hal ini disebabkan besar kecilnya jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) di bank tidak dapat Jepas dari besamya pendapatan yang diterima penduduk. Faktor makroekonomi lain yang turut mempengaruhi volume Dana Pihak Ketiga (DPK) di perbankan adalah inflasi. Inflasi merupakan salah satu peristiwa moneter yang sangat penting dan dijumpai di hampir selu.ruh dunia. Faktor Jain yang ikut berpengaruh adalah bagi hasil yang didistribusikan kepada nasabah sebagai pengganti bunga. Sistem bagi hasil adalah sistem yang pcnentuan bagi hasilnya dibuat sewaktu perjanjian dengan berdasarkan kepada untung atau rugi, proporsi atau nisbah bagi hasil berdasarkan jumlah keuntungan yang diperoleh dari proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh GOP, inflasi dan bagi ha.~il (sebagai pengganti bunga yang diberikan kepada nasabah) terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) dengan mengambil studi kasus pada Bank Muamalat Indonesia periode 1998-2006. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penclitian, secara parsial GOP berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) di BMJ. Sedangkan variabel Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) di BMI. Adapun variabel Bagi Hasil yang didistribusikan kepada para nasabah BMI berpengaruh positif dan signitikan terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) di BMI. Ketika diuji secara simultan (bersama-sama), variabel GOP, Inflasi dan Distribusi Bagi Hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap Dana Pihak Ketiga di BMI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: perdagangan, gros, domestik
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 11:59
Last Modified: 11 Jan 2016 11:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18893

Actions (login required)

View Item View Item