VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL DAN PENGARUHNYA BERSAMA RETURN ON ASSET TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA PERUSAHAAN YANG LISTED DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2004-2005 SKRIPSI

SRI SUPlYATl, NIM. 02391528 (2007) VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL DAN PENGARUHNYA BERSAMA RETURN ON ASSET TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA PERUSAHAAN YANG LISTED DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2004-2005 SKRIPSI. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Kelangsungan hidutp sebuah perusahaan bergantung pada besar kecilnya modal yang dimiliki dan baiknya manajemen modal, tentu saja hal-hal seperti volume penjualan, pemasaran produk dan biaya produksi tidak dapat diabaikan begitu saja. Setiap perusahaan membutuhkan dana yang dapat diperoleh dari intern dan ekstrern, akan tetapi perusahaan biasanya cenderung menggunakan modal sendiri daripada modal asing (hutang) karena modal asing lebih cocok digunakan sebagai penambah modal apabila dana yang diperlukan tidak memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi struktur modal dari struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan (size), beban pajak, dan laba yang ditahan serta return on asset pada perusahaan di Jll. Oasar keputusan pendanaan berkaitan dengan pemilihan sumber dana, baik sumber dana internal maupun surnber dana external yang secara teoritis berdasarkan pada balance theory dan pecking order theory. Penelitian ini menguji kembali variabelvariabel yang mempengaruhi struktur modal berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Brigham dan Houston. Oari 12. faktor yang dikemukakan oleh Brigham dan Houston, dilakukan uji faktor dan hasilnya terdapat 6 faktor yang dianalisis, yaitu struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukurant perusahaan (size), beban pajak, dan laba yang ditahan serta return on asset. Penelitian ini mengggunakan sampel 52 perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun periode 2002 sampai tahun 2005. Sumber data adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory. Hipotesis diuji dengan menggunakan metod~e Regresi linear Berganda dan mengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji dari variabel-variabel yang mempengaruhi struktur pendan:aan yang diteliti meliputi: struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, beban pajak dan laba ditahan, menunjukan bahwa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur pendanaan. Sedangkan secara parsial dari variabel-variabel tersebut, hanya laba ditahan yang tidak berpengaruh signi·fikan terhadap struktur pendanaan. Oiantara ke lima variabel tersebut ukuran perusahaan dan laba ditahan yang sangat berpengaruh signifikan dan dominan terhadap struktur modal dan rentabilitas modal sendiri pada perusahaanperusahaan yang terdaftar di Jll pada tahun 2002-2005. Selain itu juga dik:mukan bahwa pada sebagian besar sampel perusahaan yang diteliti, persentase pendanaan terbesamya adalah dari ekuitas kemudian diikuti oleh utang jangka pendek dan utang jjangka panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.A.YUSUF KHOJRUDIN S.E., M. Si
Uncontrolled Keywords: Asset structure, Growth of sales, Firm size, Earning and Financing .
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 05:06
Last Modified: 11 Jan 2016 05:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item