MOTIVASI DAN UP’AYA SANTRI DALAM MEMPELAJARI KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-ANW’AR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEW’ON BANTUL

MARIA ULFAH, NIM. 02421426 (2007) MOTIVASI DAN UP’AYA SANTRI DALAM MEMPELAJARI KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-ANW’AR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEW’ON BANTUL. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI DAN UP’AYA SANTRI DALAM MEMPELAJARI KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-ANW’AR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEW’ON BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI DAN UP’AYA SANTRI DALAM MEMPELAJARI KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-ANW’AR NGRUKEM PENDOWOHARJO SEW’ON BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dun menganalisis swcura kritis tentang motivasi santri dalam mempelajari kitab kuning di Pondok Pesantrcn A1Anwar Ngrukem Pendowohaljo Sewon Bantul serta kendala-kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat bermanfaat dan le‘oih dapat meningkatkan motivasi santri dalam mempelajari kitab kum'ng dengan baik. Penelitian ini merupakan penalitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al-Anwar, Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, angket, dan dokumcntasi. Analisis data dilakukan .“ dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil pcnelitian menunjukkan : (1) Motivasi santn' dalam mempclajan' kitab kuning adalah untuk mendalami ilmu-ilmu agama imam. (2) memotivasinya santri dalam mempelajari kitab kuning adalah burdasarkan inisiatif sendiri. (3) Dengan sistem dan metode yang digunakan dalam mempelajari kitab kuning santri berfikir bahwa pentingnya belajar ilmu agama melalui kitab kuning tersebut, dengan scmua itu akan menambah pcngetahuan dan keimzman. (4) Materi yang diberikan cukup memadai. (5) Dan upaya santri dalam memahaml kitab kuning adalah dengan cara membaca kitab berulang-ulang dan mempraktekkannya. (6) Sedangkan motivasi santri untuk mempelajari kitab kuning setiap hari adalah karena metode mengajar yang sangat‘ ditckankan. (7) dengan kesulitan yang dialami santri dalam. mempelajari kitab kuning, santri tidak mengalami patah semangat, akan tetapi berusaha terns sampai benar-benar paham terhadap materi yang dipelajari. (8‘) Sistem, metodc atau cara, kegiatan, fasilitas dan juga peraturan-peraturan yang ada di Pondok Pcsantren Al-Anwar termasuk faktor pendukung dan penghambat dalam mempelajari kimb kuning. Adapun faktor pendukung dalam mempelajari kitab kuning salah satu diantaranya adalah Adanya Rasa Hubungan Kekeluargaan ciiantara Kyai, Uswdz dan Santri. Sedangkan salah satu penghambatnya adalab adanya beberapa orang tua santri yang kurang perhatian terhadap anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun,M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 14:18
Last Modified: 11 Jan 2016 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18906

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum