PENGAMALAN UKHUW AH ISLAMIY AH DI ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESI (KAMMI) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NOMIDIAN, NIM. 03410022 (2007) PENGAMALAN UKHUW AH ISLAMIY AH DI ORGANISASI KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESI (KAMMI) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengamalan ukhuwah Islamiyah di Organisasi KAMMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan memaparkan aktivitas pembmaan ukhuwah lslamiyah d1 K.AMMl dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pengamalan ukhuwah islamiyah. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan kesadaran bagi umat Islam untuk mengamalkan ukhuwah islamiyah dan memberikan masukan terhadap Organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta dalam upaya meningkatkan rasa ukhuwah islamiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil Jatar Organisasi KAMMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang uerhasil dikUil!jJUikau Uall Ual'i umkua itulalt uitarik kt:siulpulali yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi Hasil penelitian menunjukkan : (1) Proses pembinaan melalui ak. ti vi tct~-ak. ti vi La~ y aug Lauy dk. weuek.auk.du j.Jeugeu:1tau 1 d1ia j.Je1 ~duuawau, penguatan ruhiyah dan pengembangan diri yang diberikan pengurus KAMMI terhadap kader-kadernya, baik melalui pemandu-pemandu maupun kepanitiaan sangat mempengaruhi perubahan kepribadian kader dalam keseharian terutama dalam hubungan terhadap sesama.(2) Dari penelitian melalui observasi dan wawancara yang penulis lakukan, secara kualitas pembinaan-pembinaan memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kepribadiaan diri kader terutama pemahaman dan penghayatan ukhuwah islamiyah dengan standar memahami dan menghayati makna ta 'aruf, tafahum, ta 'awun dan taka.fitl. (3) Berhasil dan tidaknya sebuah proses pembinaan dalam mewujudkan harapan yang ideal tidak akan terlepas dari kendala-kendala. Adapun kendala-kendala yang dialami oleh pengurus KAMMI dalam pengamalan ukhuwah islamiyah adalah pertama: aktivitas pembinaan yang kurmig optimal, karena sosialisasi kurang massif dan jadwal yang benturan, pemandu yang kurang professional. Kendala yang kedua : pemahaman dan penghayatan kader tentang ukhuwah islamiyah yang kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kamii, uin suka, organisasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 14:17
Last Modified: 11 Jan 2016 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum