STUDI KOMPARATIF PENGAMALAN AGAMA ISLAM ANTARA ANGGOTA DENGAN NONANGGOTA KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DI SMA N 1 PAKEM SLEMAN

SITI ASTUTININGSIH, NIM. 03410020 (2007) STUDI KOMPARATIF PENGAMALAN AGAMA ISLAM ANTARA ANGGOTA DENGAN NONANGGOTA KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) DI SMA N 1 PAKEM SLEMAN. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III,.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan tingkat pengamalan Agama Islam antara anggota dengan nonanggota Kerohanian Islam (ROHIS) di SMA N I Pakem Sleman. Populasi penelitian ini adalah siswa muslim SMA N 1 Pakem Sleman tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 391 siswa. Di antara siswa tersebut ada yang menjadi anggota Kerohanian Islam (ROHIS) namun ada yang tidak. Penentuan sampel didasarkan pendapat Suharsimi Arikunto yaitu jika populasinya kurang dari atau sama dengan seratus diambil semuanya, namun jika lebih dari seratus dapat diambil antara 10-15 % atau 20-25 %. Anggota ROHIS berjumlah 40 sehingga diamhil semuanya sedangkan nonanggota ROHIS diambil seimbang dengan anggota ROHIS, yaitu 40 siswa. Dengan demikian jumlah sampel keseluruhan adalah 80 siswa atau 20,64 % dari jumlah keseluruhan siswa muslim di sekolah tersebut. Sampel nonanggota ROHIS tersebut diambil secara acak dengan memperhatikan strata kelas atau disebut Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis intrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa 40 butir angket terbukti valid, sedangkan analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,716 dan intrumen dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis komparasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat pengamalan Agama Islam anggota ROHIS SMA N 1 Pakem mayoritas berada pada kategori baik yaitu 80 % 2) Tingkat pengamalan Agama Islam nonanggota ROHIS SMA N 1 Pakem mayoritas berada pada kategori baik yaitu 85 %. 3) Terdapat perbedaan pengamalan Agama Islam yang signifikan antara anggota dengan nonanggota ROHIS di SMA N 1 Pakem Sleman, di mana tingkat pengamalan Agama Islam anggota ROHIS lebih tinggi dari pada nonanggota ROHIS. Perbedaan yang signifikan tersebut ditunjukkan dengan koefisien perbandingan sebesar 3,036. Perbedaan dapat dilihat da.ri r-ata-rata skor (M), dan perbandingan skor !<elompok dengan skor maksimal yang dapat diperoleh dari angket oleh anggota ROHIS lebih tinggi dibandingkan nonanggota ROHIS. M anggota ROHIS y::1itu 125,8 sed:mgkan M nonanggota ROHIS yaitu 119,625. Skor anggota ROHIS yaitu 78,625% dari yang diharapkan sedangkan nonanggota ROHIS 74,77 % dari yang diharapkan. Selain hal di atas, juga terdapat perbedaan pada jangkauan data (R) dan standar deviasi (SD) skor anggota ROHIS. Skor anggota ROHIS lebih homogen dari skor nonanggota ROHIS karena jangkauan data dan standar deviasinya lebih kecil. R anggota ROHIS yaitu 29 sedangkan R nonanggota ROHIS yaitu 38. Adapun SD anggota ROHIS yaitu 8,447 sedangkan nonanggota ROHIS yaitu 9,692.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rohis, uin suka
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 14:22
Last Modified: 11 Jan 2016 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum