PERANAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA POSITIF SUATU PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA)

KAMELIA WIDIA ASTUTI, NIM: 03210052 (2007) PERANAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA POSITIF SUATU PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI KOPERASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II,III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Public Relation adalah salah satu bagian yang penting dalam setiap organisasi atau suatu kelembagaan. Dengan adanya bagian atau unit Public Relation dapat memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang ada pada suatu lembaga tersebut serta memberikan layanan teknis komunikasi kepada konsumen atau para pegawai dengan cara yang baik dan memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Public Relations terhadap pembentukan citra positif Koperasi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Kebermaknaan penelitian ini adalah sebagai referensi bagi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, khususnya mata kuliah Public Relations. Selain itu juga untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada di Public Relations Koperasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain melalui interview, dokumentasi dan observasi. Dalam pengembangan organisasi Koperasi Mahasiswa, Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) sangat memberikan andil, terutama dalam hal mensponsori kegiatan-kegiatan, rekanan tabungan, kesejahteraan anggota, pendidikan dan penelitian, pengembangan manajemen Kopma, rekanan pengembangan usaha dan memberikan bantuan saat gempa melanda Yogyakarta. Public Relation di Kopma UIN Sunan Kalijaga, berfungsi mencitrakan wajah Kopma ke semua elemen masyarakat, membangun opini publik yang positif sebagai layanan teknis unit usaha, serta sebagai mediator dengan pihak ketiga atau lingkungan Kopma. Sedangkan tugas Public Relations yaitu memberikan informasi pada pihak ketiga, menampung saran dan masukan dari masyarakat kampus dan mempublikasikan atau mensosialisasikan kegiatan Kopma kepada public eksternal, serta menjalin hubungan baik, baik dengan internal maupun eksternal Kopma UIN Sunan Kalijaga. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain bahwa peranan Public Relations di Kopma UIN Sunan Kalijaga yaitu memberikan solusi terhadap masalah yang ada di perusahaan, mengatasi krisis yang dihadapi perusahaan secara rasional, memberikan layanan teknis komunikasi kepada konsumen atau para pegawai dengan cara yang baik dan memuaskan. Sedangkan peranan Public Relations terhadap pembentukan citra positif di Kopma UIN Sunan Kalijaga adalah: 1. Dalam bentuk komunikasi public yang sarana dan cara penyampaian berbeda, yaitu melaluipress release, sosialisasi kegiatan melalui radio maupun TV, surat undangan, surat ucapan, advertising, selebaran, brosur, pamflet, spanduk, stiker, baliho, buletin/majalah, situs web, melakukan audiensi ke beberapa pihak. 2. Dalam bentuk hubungan yang dijalankan, yaitu dengan anggota kopma UIN Sunan Kalijaga, karyawan Kopma, civitas akademik UIN Sunan Kalijaga, masyarakat luas, UKM-UKM lainnya, Ormawa, organisasi eksternal kampus, media pers, lembaga pemerintahan, lembaga profesi, sesama gerakan koperasi. 3. Stakeholders (pemegang saham), antara lain pemerintah, BUMN, BUMS, koperasi anggota dan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Masyhudi, BBA, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Public Relations, citra positif
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Jan 2016 14:26
Last Modified: 15 Jan 2016 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum