TINJAUAN HUKUM ISLAM ISLAM TERHADAP HAK ANAK PEREMPUAN DALAM MENENTUKAN PASANGAN HIDUP (STUDI KASUS Dl KERABAT KERATON SURAKARTA)

ETIK MUTI'AH RAHMAWATI, NIM. 02351565 (2007) TINJAUAN HUKUM ISLAM ISLAM TERHADAP HAK ANAK PEREMPUAN DALAM MENENTUKAN PASANGAN HIDUP (STUDI KASUS Dl KERABAT KERATON SURAKARTA). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan merupakan misaq, ikatan yang kuat atau kesepakatan suci antara suami istri secara ma'ruf. Kebahagiaan dan kekalnya kehidupan berumah tangga, pada dasarnya mcnjadi dan1baan serta Lujuan dari adanya pelaksanaan perkawinan yang dilangsungkan. Salah satu syarat perkawinan dalam Islam dilaksanakan berdasarkan persetujuan secara sukarela tanpa ada paksa. Oleh karenanya kedua belah pihak hendaknya ikhlas I bersepakat dengan cara yang sah dan harus memberikan persetujuan sebagai syarat adanya perkawinan. Keraton Surakarta merupakan penerus dari kerajaan Mataram dan agama yang berkembang adalah agama Islam. Dalam hal perkawinan, orang tua yang masih keturunan ningrat memiliki pandangan tersendiri dalam memilih calon pasanaan hidup hagi :mak pArl'lmpUCliUlYD yakni adanya 1\.UH!.I""'IJ l.Jibil, bobot dan bebet dimana konsep ini dirasa masyarakat umum adalah prinsip yang kolot dan · sudah tidak cocok lagi untuk diterapkan dewasa ini. Terlebih menyangkut masalah hak anak perempuan, konsep ini dirasa sangat mengekang hak anak perempuan dalam menentukan calon pasangan hidup. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri pada diri penyusun untuk mcngetahui secru·a lebih mem!~lrun. ba~airr.flnil sr.hr.nFtmyFt pP.r:iepii dan piran orang tua yang masih keturunan ningrat dalam memberikan hak kepada anak perempuan untuk memilih dan menentukan calon pasagan hidupnya. Berkaitan dengan hal-!1al tersebut, penyusun mengadakan penelitian yaitu berupa penelitian lapangan (Field Research). Oleh karena kajian ini merupakan kajian di lingkungan kerabat Keraton Surakarta, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif dengan menggunakan cara berfikir reflektif (bebas bergerak) yakni suatu metode analisis kualitatif yang menggabungkan antara pola pikir induktif dan deduktif, lalu disesuaikan dengan hukum-hukum yang ada, baik dari segi hukum Islamnya ataupun dalam segi hukum positifuya. Dari hasil penelitian bahwasanya hak anak perempuan sangat dihormati dan dijunjung tinggi, dimana anak perempuan diberi kebebasan untuk memilih dan menentukan calon pasangan hidupnya sendiri, namun juga harus tetap meP ghargai orang tua dalam hal ini peran orang tua hanya sebagai pendamping, penasehat;·agar tidak terjadi kesalahpahaman dan penyesalan dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. SUPRIATNA, M.Si
Uncontrolled Keywords: nikah, perempuan jawa, penentuan
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 15 Jan 2016 14:33
Last Modified: 15 Jan 2016 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18939

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum