SIKAP KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KOTAMADYA YOGYAKARTA

MUHAMMAD EFENDI JAUHARI, NIM.01240784 (2007) SIKAP KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KOTAMADYA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rumah sakit sebagai lembaga sosial bisa juga dijadikan sebagai sarana dakwah yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan. Tapi seiring dengan perkembangan zaman rumah sakit yang semula hanya bergerak dibidang sosial mengalami perubahan, selain sebagai lembaga yang bernuansa sosial juga dijadikan sebagai sebuah lembaga yang bertujuan untuk bisnis (ekonomi). Apalagi sekarang ini Rumah Sakit Islam sangat dibutuhkan di masyarakat. Untuk bisa bersaing dengan rumah sakit yang semakin menjamur, maka dibutubkan suatu pengelolaan rumah sakit yang handal. Sesuai dengan tujuan yang akan dicapai yaitu penegakan amar ma'ruf nahi munkar, sebuah disiplin ilmu (alatnya) untuk mencapainya sangat diperlukan, sehingga rumah sakit tersebut bisa berjalan dengan baik, teratur dan sistematis sesuai yang kita harapkan. Dengan ilmu manajemen diharapkan rumah sakit bisa bertahan dan bersaing dengan rumah sakit-rumah sakit yang ada saat ini. Manajemen pemasaran jasa sangat diperlukan untuk meningkatkan mutu kualitas dan kepuasan konsumen. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta sebagai salah satu Rumah Sakit Islam seperti telah kita ketahui selain sebagai sarana dakwah juga bisnis, yang tentunya tidak luput dari persaingan dan tantangan dari rumah sakit lainnya. Maka dari itu dibutuhkan sebuah manajemen pemasaran khususnya jasa yang handal dan berkualitas. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini antara lain yaitu : Bagaimana sikap konsumen Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta , kualitas layanan kesehatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, serta bagaimana sikap konsumen memiliki hubungan positif dengan kualitas layanan kesehatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta ? Kebermaknaan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi berbagai Pihak yaitu : diharapkan dapat menjadi masukan yang berarti bagi perkembangan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang terdapat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode, antara lain: Observasi, interveuw, dokumentasi, angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta berada pada kategori baik yang diikuti dengan tingkat sikap konsumen yang puas. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat sikap konsumen dan kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta baik. Semakin baik atau positif sikap konsumen Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta, maka semakin baik atau positif pula kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta. Sebaliknya semakin jelek atau negatif sikap konsumen Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta, maka semakin jelek atau negatif pula kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta baik. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis data dan penyajian hipotesis sebagai berikut , Dengan menggunakan perhitungan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS for windows rea/ease 11.5 membuktikan bahwa Sikap konsumen mempunyai hubungan terhadap kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta. Selain itu dengan menggunakan perhitungan uji t membuktikan bahwa variabel independen (sikap konsumen) berhubungan secara nyata terhadap kualitas layanan kesehatan yang diberikan karyawan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta. Dan dengan menggunakan perhitungan uji F membuktikan bahwa variabel independen (sikap konsumen) berhubungan secara nyata terhadap kualitas layanan kesehatan yang diberikan karyawan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotamadya Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsumen, kualitas pelayanan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Jan 2016 15:07
Last Modified: 15 Jan 2016 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18945

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum