BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN (Studi Kasus Tiga Santri Pendidikan Al-Qur'an Mu'adz Bin Jabal Kotagede Yogyakarta)

NUR HIDAYATI, NIM. 02221018 (2007) BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN (Studi Kasus Tiga Santri Pendidikan Al-Qur'an Mu'adz Bin Jabal Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Dalam keluarga terdapat satu hubungan yang erat antara orang tua dan anak, hubungan tersebut yang akan menghantarkan seseorang bahwa bagaimanapun juga antara orang tua dan anak tidak dapat dipisahkan. Dimana antara yang satu dengan lainya saling berinteraksi, beradaptasi dan saling mempengaruhi serta saling berkaitan satu sama lain. Maka dari itulah sebagai orang yang mengimani al-Qur'an diwajibkan untuk mempelajari dan membaca al- Qur'an kitab yang kita percayai, baik itu anak-anak, orang dewasa maupun orang tua. Namun demikian usaha tersebut tidak terlepas dari satu tantangan yakni al- Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab. Oleh karena itulah kemampuan membaca al-Qur’an secara baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, sungguh merupakan langkah dasar bagi umat Islam sebelum mempelajari dan memahaminya lebih lanjut. Untuk mengarahkan dan menjadikan anak belajar al-Qur’an sejak dini merupakan tanggung jawab orang tua masing-masing. Dengan demikian mengajarkan al-Qur'an merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang tua terhadap anaknya dan keharusan pula bagi sesama muslim. METODE PENELITIAN 1. Jenis Penelitiannya Kualitatif, 2. Metode Penentuan Subyek dan Obyek Penelitian; Subyek penelitian dalam pembahasan skripsi ini yaitu M Jakfar Ash., SPd., selaku direktur, usstadz-ustadzah dan tiga orang tua santri sebagai informan. 3. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologi dan Psikologis. 4. Metode Pengumpulan Data: a. Observasi, b. Interview c. Dokumentasi. 5. Analisis Data, menggunakan analisa diskriptif-kualitatif KESIMPULAN 1. Proses bimbingan yang dilakukan orang tua di rumah kepada anak secara berkesinambungan dan sistematis agar tercapai peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur'an, dalam bentuk pengajaran ulang oleh orang tua di rumah. 2. Kendala Yang Dihadapi Orang Tua yaitu: terbatas dan minimnya pengetahuan dan pemahaman agama sebagian wali santri 3. Kesibukan orang tua. 4. Kurangnya bimbingan yang dilakukan secara berkesinambungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Orang Tua, Baca Tulis Al-Qur' An
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Jan 2016 16:14
Last Modified: 15 Jan 2016 16:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum