PENGARUH PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE KONVENSIONAL (RETURN ON INVESTMENT, EARNING PER SHARE, OPERATING CASH FLOW) DAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP RATE OF RETURN Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode Tahun 2003 - 2005

MARATUSH SHALIHAH, NIM. 02391479 (2007) PENGARUH PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN DENGAN METODE KONVENSIONAL (RETURN ON INVESTMENT, EARNING PER SHARE, OPERATING CASH FLOW) DAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP RATE OF RETURN Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode Tahun 2003 - 2005. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinetja keuangan · perusahaan yang diukur dengan menggunakan metode konvensional (ROI, EPS, OCF) dan metode Economic Value Added (EVA) terhadap tingkat pengembalian investasi atau Rate of Return (RoR). Pengaruh kinetja keuangan suatu perusahaan terhadap tingkat pengembalian investasi sangat penting untuk diketahui oleh investor atau pihak rnanajemen perusahaan dalarn rangka mengambil keputusan yang tepat terhadap investasi yang telab dilakukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penjelasan (explanatory reseach) dengan populasi yang diambil dalarn penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria: (1) Mempublikasikan Japoran keuangan per 31 Desember untuk tahun buku 2003-2005 (2) Perusahaan yang saharn-sahamnya aktif diperdagangkan di BEJ dan Til (3) Perusahaan membagi dividen selama periode tahun penelitian. Berdasar kriteria tersebut maka ada 62 sarnpel penelitian yang terdiri dari 30 perusahaan. Faktor yang akan diteliti dan diduga mempengaruhi tingkat pengernbalian investasi atau Rate of Return (RoR) adalah variabel Return on Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), Operating Cash Flow (OCF) dan Metode Economic Value Addded (EVA). Hasil penelitian ini menunjuk:kan bahwa secara simultan variabel Return on Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), Operating Cash Flow (OCF) dan Metode Economic Value Addded (EVA) berpengaruh signifikan positif terhadap tingkat pengembalian investasi atau Rate of Return (RoR) pada pemsahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index pada tahun 2003-2005 yaitu sebesar 79,2%. Sedangkan secara parsial semua variabel yaitu: Return on Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), Operating Cash Flow (OCF) dan Metode Economic Value Addded (EVA) berpengaruh signifikan positif terhadap Rate of Return. Varibel yang berpengaruh paling dominan terhadap tingkat pengembalian investasi adalah Earning Per Share (EPS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. IBNU QIZAM, S.E. Akt., M.Si.
Uncontrolled Keywords: kinerja, pekerjaan
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 15 Jan 2016 09:30
Last Modified: 15 Jan 2016 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18969

Actions (login required)

View Item View Item