MAHARAT AL KALAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH AL MADAH FI KITAB AL SILSILAH "AL 'ARABIYYAH BAYNA YADAYK")

WASTOKIM, 02421356-01 (2007) MAHARAT AL KALAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH AL MADAH FI KITAB AL SILSILAH "AL 'ARABIYYAH BAYNA YADAYK"). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAHARAT AL KALAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH AL MADAH FI KITAB AL SILSILAH "AL 'ARABIYYAH BAYNA YADAYK"))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MAHARAT AL KALAM FI TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH AL MADAH FI KITAB AL SILSILAH "AL 'ARABIYYAH BAYNA YADAYK"))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa, secara umum bertujuan untuk membantu pembelajar agar mampu menguasai bahasa target. Ini berarti bahwa tujuan pembelajaran bahasa adalah untuk membantu siswa maupun mahasiswa untuk berinteraksi dengan bahasa sasaran dalam berbagai situasi sosial secara efektif atau dengan kata lain tujuan pembelajaran bahasa Arab adalah mengembangkan kemampuan berbicara pada pembelajar bahasa Arab. Dengan dernikian mereka dapat mengatasi situasi kehidupan seharihari dalam segala bidang di negara yang berbahasa Arab terutama dalam masalah bahasa. Dalam hal ini kemahiran berbicara menjadi akses paling utama dalam menyampaikan pikiran dan maksud tujuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi antara satu dan lainnya dan tentunya, harus dengan bahasa yang mereka gunakan. Sebagian ahli mengatakan bahwa kesuksesan,dalam belajar bahasa adalah berkaitan dengan faktor metode, sebagian lain pengajar yang kredibel dan media pembelajaran yang memadai, ada juga materi yang baik dan tepat dan lain sebagainya. Terlepas dari itu, pada dasamya semua mengarah pada proses pembelajaran. Dalam skripsi ini penulis mencoba untuk membahas tentang satu dari empat kemampuan dasar dalam balajar bahasa, yaitu kemampuan berbicara- atau yang biasa dikenal dengan istilah Maharal al-Kalam - dalam pembelajaran bahasa Arab dalam perspektif Teori-teari pembelajaran bahasa Arab untuk non-Arab dengan menganalisa dari segi materi yang disajikan dalam buku " al-'Arabiya Baina Yadayka, Silsilatfi Ta'lim al-Lughah ai-'Arabiya li Ghairi a-Natiqina Biha, Kitab alTalib al-Awwal "yang merupakan salah satu buku Ta'lim bahasa Arab yang - dalam pandangan penulis paling baru baik dalam hal metode, materi maupun pendekatan- dikhususkan untuk nan-Arab. Penelitian ini adalah mumi pustaka. Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Apa itu kemahiran berbicara dan tearinya dalam pembelajaran bahasa Arab? 2). Apa materi yang digunakan dalam pembelajaran kemahiran berbicara dalam buku '"' al-'Arabiya Baina Yadayka" buku ke-1?. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode pengumpulan data dan analisis data dengan dua cara yaitu metade Induktif dan Deduktif. Dengan dua metade ini penulis akan menganalisa data-data yang terkumpul secara bergantian atau dalam bahasa John Dewey disebut "Reflextive Thinking".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: H. Tulus Musthofa, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Maharat al kalam
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Jan 2016 02:26
Last Modified: 19 Jan 2016 02:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item