PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN lMPLIKASINYA TERHADAP PENGAMALAN KEAGAMAAN SISWA DI MTsN SLEMAN KUTA

Mustain, NIM.03410134 (2007) PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN lMPLIKASINYA TERHADAP PENGAMALAN KEAGAMAAN SISWA DI MTsN SLEMAN KUTA. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN lMPLIKASINYA TERHADAP PENGAMALAN KEAGAMAAN SISWA DI MTsN SLEMAN KUTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN lMPLIKASINYA TERHADAP PENGAMALAN KEAGAMAAN SISWA DI MTsN SLEMAN KUTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tenang pengembangan program Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan keagamaan siswa di MTs N Sleman Kota serta kendala-kendalanya yang dihadapi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan dalam mengembangkan program Pendidikan Agama Islam di MTs N Sleman Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dcngan mengambil lalar MTs N Sleman Kota. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu triangulasi dengan menggunakan sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: (l) Bentuk pengembangan program Pendidikan Agama Islam dilakulcan sccara bertahap yak.ni; tahap pertama, dari tahun 1983 sampai 2001 bentuk pengembangannya dengan cara meningkatkan k.ualitas saja dalam artian program yang sudah ada ditingkatkan kualitas pelaksanaannya agar program yang sudah ada tersebut berjalan secara baik dan menjadi efektif. Sedangkan tahap kedua, dari tahun 2001 sampai sekarang bentuk pengembangannya dilakuk.an dengan cara meningkatkan baik dari segi kualitas maupun k.uantitas. Dalaru artian program Pendidikan Agama Islam mulai tahun 2001 ditambah beberapa program lagi serta tetap meningk.atkan kualitas program yang sudah ada sebelurnnya. (2) Hasil pengembangan program Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan keagamaan siswa sudnh cukup baik, hal ini bisa dilihat dari indikator meningkatnya pengamalan keagamaan siswa di lingk.ungan madrasah secara langsung maupun di lingkungan keluarga atau masayarakat secara tidak langsung. Meningkatnya pengamalan keagamaan siswa tidak hanya dari lingk.ungan madrasah melaink.an juga dari lingkungan keluarga dan lingkungan pondok. (3) Faktor yang mendukung pengembangan program Pendidikan Agama Islam adalah ; sarana dan prasarana yang sudah memadai, banyak.nya guru PAI lulusan sarjana agama Islam, manajemen yang sudah tertata rapi, pendanaan yang sudah cukup, dan ketatnya tata tertib yang diterapkan. Sedangkan faktor penghambatnya di bagi dua segi yaitu pertama dari segi intern adalah ; sikap disiplin dan tingkat kesadaran siswa yang masih rendah dalam mengikuti program Pendidikan Agama Islam, kekompakan guru dalam ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan program Pendidikan Agama Islam masih kurang, dan unsur keteladanan guru yang masih kurang. Kedua dari segi ekstem yaitu ; Siswa kurang mendapatkan motivasi dari keluarga dalam mengamalkan ajaran Islam, pengaruh lingkungan pergaulan sosial yang kurang mendukung dengan lingkungan masyarakat yang 25% menganut agama Kristen, pengaruh pergaulan remaja atau kenakalan remaja di Iingkungan rumah, kurangnya dukungan dari masyarakat sekitar mengenai program Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sardjuli, M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Jan 2016 10:10
Last Modified: 19 Jan 2016 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19000

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum