ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA POKOK BAHASAN KONSEP ZAT DAN WUJUDNYA

SHOBARI DWI IMANANTO, NIM.02461293 (2007) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA POKOK BAHASAN KONSEP ZAT DAN WUJUDNYA. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA POKOK BAHASAN KONSEP ZAT DAN WUJUDNYA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA POKOK BAHASAN KONSEP ZAT DAN WUJUDNYA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal evaluasi pada pokok bahasan konsep zat dan wujudnya, mengetahui persentase kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dan hal-hal yang membuat siswa melakukan kesalahan-kesalahan tersebut. Subyek penelitian (populasi) adalah siswa kelas VII semester I MTsN Kaliangkrik Kabupaten Magelang tahun ajaran 2006/2007 dengan jumlah siswa 200 orang yang terdiri dari lima kelas yakni VllA, VIIB, VIIC, VIID, dan VIIE. Sampel penelitian ini diambil dua kelas dari polulasi secara random yakni kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas uji coba tes dengan jumlah siswa masing-masing 40 orang. Penelitian ini termasuk penelitian eksploratif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dan persentase kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan bentuk-bentuk soal fisika dalam sistem evaluasi pokok bahasan konsep zat dan wujudnya. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa prestasi belajar siswa kelas VIIA MTsN Kaliangkrik untuk soal pilihan ganda mempunyai rata-rata 6,2, soal isian 6,55, soal menjodohkan 6,675 dan soal essay 5,925 . rata-rata prestasi belajar secara keseluruhan untuk pokok bahasan konsep zat dan wujudnya adalah sebesar 6,34. Persentase kesalahan dalam menyebutkan konsep-konsep atau dasar hokum fisika pada pokok bahasan konsep zat dan wujudnya untuk soal pilihan ganda sebesar 85%, untuk soal isian sebesar 97%, untuk soal menjodohkan sebesar 85% dan soal essay sebesar 63%. Persentase kesalahan dalam menentukan dan menerapkan persamaan-persamaan pada pokok bahasan konsep zat dan wujudnya untuk soal pilihan ganda sebesar 82%, soal isian sebesar 55%, soal menjodohkan sebesar 48% dan soal essay sebesar 85%. Persentase kesalahan siswa dalam memahami dan memaknai model-model fisika pada pokok bahasan konsep zat dan wujudnya untuk soal pilihan ganda sebesar92% , soal isian sebesar 82%, soal menjodohkan sebesar 93%, dan soal essay sebesar 88%. Persentase kesalahan dalam menerapkan persamaan matematis pada pokok bahasan konsep zat danwujudya untuk soal essay sebesar 88%. Persentse kesalahan dalam menentukan satuan akhir pada pokok bahasan konsep zat dan wujudnya untuk soal isian sebesar 62%, soal menjodohkan sebesar 28% dan soal essay sebesar 83%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Murtono, M.Si
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Jan 2016 12:12
Last Modified: 19 Jan 2016 12:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum