KEBIJAKAN PRESIDEN JOKO WIDODO TERHADAP PENYELESAIAN KONFLIK KPK VS POLRI KASUS BUDI GUNAWAN DAN BAMBANG WIDJAYANTO DALAM PRESPEKTIF SIYASAH

SITI NURUL KHOTIMAH, NIM: 11370066 (2015) KEBIJAKAN PRESIDEN JOKO WIDODO TERHADAP PENYELESAIAN KONFLIK KPK VS POLRI KASUS BUDI GUNAWAN DAN BAMBANG WIDJAYANTO DALAM PRESPEKTIF SIYASAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PRESIDEN JOKO WIDODO TERHADAP PENYELESAIAN KONFLIK KPK VS POLRI KASUS BUDI GUNAWAN DAN BAMBANG WIDJAYANTO DALAM PRESPEKTIF SIYASAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PRESIDEN JOKO WIDODO TERHADAP PENYELESAIAN KONFLIK KPK VS POLRI KASUS BUDI GUNAWAN DAN BAMBANG WIDJAYANTO DALAM PRESPEKTIF SIYASAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kegaduhan dua lembaga yaitu KPK dan Polri menjadi kegelisahan masyarakat luas. Masalah ini dilatarbelakangi oleh Budi Gunawan yang di angkat menjadi Kapolri di duga telah mempunyai rekening gendut, sebaliknya penangkapan ditujukan kepada Bambang Widjayanto telah melakukan saksi palsu dalam kasus Kepala Daerah di Kalimantan Barat. Dalam kasus ini presiden Jokowi dinilai lamban dalam menangani masalah. Selain itu pelemahan lembaga KPK juga sangat nampak sekali ketika ditangkapnya pimpinan KPK Abraham Samad yang dituduh memalsukan dokumen kepada rekanya untuk memperlancar urusan adminitrasi birokrasi. Oleh karena itu ini menarik untuk dikaji dalam sebuah penelitian Analisis dilihat dari sudut politik Islam. Untuk mengetahui jawaban dari permasalah di atas maka terdapat rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana Kebijkan Politik Presiden Joko Widodo terhadap Penyelesaian kasus KPK VS POLRI dalam Prespektif Siyasah. Kerangka teori dalam penelitian ini menggunakan Kepemimpinan Islam, Kebijakan Politik Islam dan Good Governance sebagai alat pembedah dari data yang telah dikumpulkan. Selain itu juga, agar penelitian ini sesuai dengan kaidah siyasah maka penelitian ini menggunakan dasar-dasar Al-qur’an dan Hadist yang akan membantu dalam membedah permasalah yang akan diteliti. Adapun subtansinya adalah sebagai berikut:Penyelesaian konflik pada masa Rasulullah SAW, Pola mediasi dalam Al- Qur’an, Praktik Mediasi pada Massa Rasulallah SAW, Peletakan kembali Hajar Aswad dan Mediasi dalam Konflik Politik. Hasil penelitian ini adalah (1) Presiden Joko Widodo telah menerapkan As-Sulh (perdamaian) sebagaimana yang telah dilakukan oleh khalifah Umar Bin Khattab yang menggunakan prinsip keadilan dan kemaslahatan, (2) Penyelesaian konflik oleh Presiden Joko Widodo menggunakan problem solving dengan mengangkat Tim sembilan yang independen dan mempunyai keahlian di dalam bidang hukum, politik dan agama sebagai upaya perdamaian antar dua lembaga yaitu KPK dan POLRI, (3) Dengan menggunakan prinsin As-Sulh maka Presiden Joko Widodo dapat mengharmonisasikan kembali antara kedua lembaga yaitu KPK dan POLRI dan sekarang sudah optimal dalam melaksanakan tugas dan melayani masyrakat, serta kerja sama antara KPK dan Polri. Sehingga masyarakat tidak gelisah dan gaduh lagi dalam membela yang meraka yakini kebenaranya diantara kedua lembaga yaitu KPK dan POLRI tahun 2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ahmad Pattiroy, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Konflik KPK, Polri, kebijakan politik
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jan 2016 14:25
Last Modified: 20 Jan 2016 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum