WACANA KAMPANYE PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) SEBAGAI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 DI YOGYAKARTA

WIWIN LESTARI, NIM. 11370096 (2015) WACANA KAMPANYE PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) SEBAGAI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WACANA KAMPANYE PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) SEBAGAI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 DI YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (WACANA KAMPANYE PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) SEBAGAI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN UMUM LEGISLATIF 2014 DI YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan umum telah dianggap menjadi ukuran demokrasi karena rakyat dapat berpartisipasi menentukan sikapnya terhadap pemerintah dan negaranya. Dalam pemilihan umum rakyat tidak hanya memilih Presiden dan wakilnya, tetapi juga ada pemilihan legislatif untuk memilih legislator di Parlemen. Untuk dapat menjadi legislator mereka harus memperoleh dukungan suara yang banyak dalam pemilu. Dan untuk mendapatkan kemenangan dari pemilu tersebut banyak cara yang dilakkan oleh calon legislator dan partai yang menusungnya, salah satu cara yang dilakukan dengan melakukan kampanye. Di dalam kampanye terdapat banyak wacana yang disampaikan partai, dalam hal ini partai demokrasi perjuangan Indonesia (PDIP). Lalu wacana apa sajakah yang dilakukan oleh PDIP dalam kampanye pileg 2014 di Kulon Progo? Jenis penelitian yang dilakukan adalah peenelitian pustaka, yaitu penelitian yang menggunakan buku-buku, koran, dokumen dan lain sebagainya yang berkaitan dengan penelitian. Sifat penelitian ini bersifat deskriptif analitik yang berusaha untuk menggambarkan lebih jauh mengenai wacana yang dilakukan oleh PDIP dalam kampanye pemilu legislatif tahun 2014. Dalam penelitian ini menggunakan teori analisis wacana dari Van Djik, analisis wacana juga sebagai kognisi sosial. Wacana digambarkan mempunyai tiga dimensi yakni:teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Inti analisis wacana Van Djik adalah menggabungkan ketiga dimensi tersebut dalam satu kesatuan analisis. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa, wacana yang digunakan oleh PDIP dalam kampanye pemilihan legislatif tahun 2014 DI Kulon Progo lalu, dapat diklasifikasikan dalam tiga macam wacana; pertama, wacana populis yaitu wacana yang memperjuangkan wong cilik, kedua, wacana strategis dan ekonomis di mana menganggap bahwa pembangunan bandara di Kulon Progo sebagai bentuk perjuangan PDIP, dan yang ketiga wacana edukatif yang menganggap wajib belajar 12 tahun juga sebagai bentuk perjuangan PDIP. Berangkat dari wacana-wacana ini, secara demokrasi adalah suatu niscaya dalam rangka mendapatkan suara dan dukungan pada saat pemilu legislatif, tetapi dalam kacamata islam janji merupakan sesuatu yang harus dipenuhi ketika tidak maka hal tersebut akan menjadi dosa kepada Tuhan dan pada manusia. Secara faktual wacana-wacana tersebut belum terealisasikan sampai saat ini. Kata Kunci: Pileg, PDIP, Analisis Wacana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr, Subaidi, S, Ag, M, Si.
Uncontrolled Keywords: Pileg, PDIP, Analisis Wacana.
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jan 2016 14:36
Last Modified: 20 Jan 2016 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19018

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum