IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI ( STUDI DESKRIPTIF PADA PROGRAM PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI [PPIT IF] YAYASAN TARBIYATUL MUKMIN PABELAN)

AHMAD SYARIFUDIN, NIM. 08410068 (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI ( STUDI DESKRIPTIF PADA PROGRAM PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI [PPIT IF] YAYASAN TARBIYATUL MUKMIN PABELAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI ( STUDI DESKRIPTIF PADA PROGRAM PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI [PPIT IF] YAYASAN TARBIYATUL MUKMIN PABELAN))
08410068_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI ( STUDI DESKRIPTIF PADA PROGRAM PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI [PPIT IF] YAYASAN TARBIYATUL MUKMIN PABELAN))
08410068_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD SYARIFUDIN, Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri (Studi Deskriptif pada program Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri [PPIT IF] Yayasan Tarbiyatul Mukmin Pabelan). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Pendidikan karakter merupakan usaha untuk membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik.. Sedangkan Jika diteliti lebih lanjut, pendidikan karakter di Indonesia merupakan lagu lama yang diputar kembali. Dulu, pendidikan karakter pernah diterapkan dengan nama pendidikan budi pekerti di sekolah-sekolah. Salah satu lembaga pendidikan yang sejak dulu dan hingga saat ini masih dianggap menanamkan pendidikan karakter adalah pondok pesantren. Seiring dengan itu, banyak lembaga pendidikan yang mengadopsi pola pendidikan Pondok Pesantren. Bahkan pola pendidikan di Pondok Pesantren telah menjadi inspirasi di Luar Negeri (Jepang) dengan model Boarding School maupun Lesson Study. Berangkat dari fenomena itu peneliti tertarik untuk mempelajari lebih dalam bagaimana implementasi pendidikan karakter di Pondok pesantren . Khususnya Pondok Pesantren Islam Terpadu dalam membentuk karakter anak bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif, dengan pola berfikir dedukatif dan indukatif untuk data yang bersifat kualitatif dan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1)Wujud pendidikan karakter di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri diimplementasikan dalam enam model/metode pembelajaran yaitu pengajaran, keteladanan, pembiasaan, pemotivasian, penegakan aturan dan pengawasan.. 2)Nilai karakter yang ditanamkan di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul Fikri yakni Keimana, Kejujuran, Bertanggungjawab, Keberanian dan Percaya diri, Cinta Ilmu, Peduli, Kedisiplinan, Mandiri, Bergaya hidup sehat, Patuh pada aturan sosial Hormat dan santun. Nilai-nilai karakter tersebut diintegrasikan terhadap aturan dan programprogram kegiatan pondok secara eksplisit dan implisit. 3)Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Islam Terpadu Ihsanul FikridiantaranyaLokasi Pondok Pesantren yang strategis, sistem boarding atau asrama, kualitas para pendidik, keamanan lingkungan dan fasilitas gedung yang presentatif. Walaupun demikian, terdapat kendala yang harus dipecahkan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter ini yaitu kurangnya jumlah pengasuh terhadap santri menimbulkan tugas dan beban pengasuh terlalu banyak, sehingga implementasi keteladanan dan penegakkan aturan masih belum bisa dilakukan secara holistis dan konsisten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren, Ihsanul Fikri, Studi Deskriptif pada Program Pondok Pesantren.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Jan 2016 08:38
Last Modified: 21 Jan 2016 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum