ANALISIS MATERI, PENYAJIAN KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN DALAM BUKU “PINTAR MEMBACA ARAB GUNDUL DENGAN METODE HIKARI” KARYA AGUS PURWANTO

MUHAMAD SYAHRI RAMDANI, NIM. 08420138 (2015) ANALISIS MATERI, PENYAJIAN KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN DALAM BUKU “PINTAR MEMBACA ARAB GUNDUL DENGAN METODE HIKARI” KARYA AGUS PURWANTO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MATERI, PENYAJIAN KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN DALAM BUKU “PINTAR MEMBACA ARAB GUNDUL DENGAN METODE HIKARI” KARYA AGUS PURWANTO)
08420138_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MATERI, PENYAJIAN KEBAHASAAN DAN KEGRAFIKAN DALAM BUKU “PINTAR MEMBACA ARAB GUNDUL DENGAN METODE HIKARI” KARYA AGUS PURWANTO)
08420138_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (903kB)

Abstract

Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Buku merupakan salah satu sarana bagi seseorang untuk mendapatkan berbagai pengetahuan, terlebih buku pelajaran seperti buku ajar bahasa Arab. Keberadaan buku pelajaran bahasa Arab bisa memberikan kemudahan bagi pelajar bahkan masyarakat umum untuk memahami materi bahasa Arab seperti dalam buku “Pintar Membaca Arab Gundul Dengan Metode Hikari”. Penyusunan buku ajar yang baik ditentukan oleh berbagai faktor kelayakan. Berangkat dari faktor-faktor tersebut peneliti menganalisis dari aspek kebahasaan dan kagrafikan ditinjau dari kesesuaiaannya dengan standar mutu suatu buku. Metode yang digunakan adalah library research (penelitian kepustakaan) dengan objek dan data primer berupa buku yang berjudul “Pintar Membaca Arab Gundul Dengan Metode Hikari”. Hasil penelitian dianalisis pendekatan analisis deskriptis. Hasil penelitian menunjukan bahwa isi materi buku memuat pokok dasar ilmu nahwu yang disajikan dengan memperhatikan prinsip gradasi (mudah ke sulit). penyajian materi bersifat Indonesian oriented yang mudah dipahami. Sistematika penyajian dan penjelasan setiap materi tergambar konsisten. Bahasa yang digunakan untuk menjelaskan materi menggunakan bahasa yang sederhana, tidak multitafsir dan relatif dengan kondisi pembaca umumnya. Aspek kelayakan kegrafikan mendapatkan catatan pada ukuran buku yang tidak sesuai dengan standar ISO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Buku, Kelayakan Materi, Penyajian, Kebahasaan, Kegrafikan.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Jan 2016 10:20
Last Modified: 21 Jan 2016 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum