PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KAJIAN KITAB IBNU AQIL DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015

AKHMAD WAKHID ABDILAH, NIM. 09420013 (2015) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KAJIAN KITAB IBNU AQIL DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KAJIAN KITAB IBNU AQIL DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015)
09420013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KAJIAN KITAB IBNU AQIL DI KELAS ALFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2014/2015)
09420013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (956kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan serta hasil belajar bahasa Arab santri kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta; dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesiapan belajar tersebut terhadap hasil pembelajaran bahasa Arab kajian kitab Ibnu Aqil kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta tahun akademik 2014/2015. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi pemikir untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pengelola pendidikan dan sebagai bahan masukan evaluasi pembelajaran bahasa Arab, khususnya di kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang datanya bersifat kuantitatif korelasional. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dengan persyaratan analisis Regresi Linier, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata pada variabel kesaiapan belajar santri adalah 49,29, sedangkan besarnya nilai rata-rata pada variabel hasil belajar bahasa Arab santri yang berupa ujian tertulis adalah 74,52 dan yang berupa ujian lisan adalah 1791,45. Dari hasil analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai koefisiensi kesiapan belajar adalah 0,499 dengan nilai signifikan 0,004 ini berarti terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil pembelajaran bahasa Arab kajian kitab Ibnu Aqil kelas Alfiyah II pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Sedangkan dari hasil analisis Regresi Linier dapat diketahui besarnya koefisiensi determinasi yaitu 0,249, hal ini mengandung pengertian bahwa pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil pembelajaran bahasa Arab santri kelas Alfiyah II Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta adalah 24,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nur Hadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kesiapan belajar, Hasil Pembelajaran, Kitab Ibnu Aqil.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Jan 2016 04:08
Last Modified: 21 Jan 2016 04:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19027

Actions (login required)

View Item View Item