ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT AKTIF-PASIF BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS SERTA METODE PENGAJARANNYA

HERY KISWANTO, NIM. 09420178 (2015) ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT AKTIF-PASIF BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS SERTA METODE PENGAJARANNYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT AKTIF-PASIF BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS SERTA METODE PENGAJARANNYA)
09420178_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTRASTIF KALIMAT AKTIF-PASIF BAHASA ARAB DAN BAHASA INGGRIS SERTA METODE PENGAJARANNYA)
09420178_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (884kB)

Abstract

Penelitian ini hanya difokuskan pada kalimat aktif dan pasif dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kalimat aktif dan pasif dari kedua bahasa tersebut, menganalisis persamaan dan perbedaannya, serta mencari solusinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kontrastif, yaitu dengan membandingkan kalimat aktif dan pasif dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta mencari solusinya. Dari hasil penelitiannya diketahui bahwa: 1) dalam Bahasa Arab kata kerja bisa diletakkan didepan atau dibelakang fa’il, sedangkan Bahasa Inggris kata kerja selalu berada dibelakang subjek. 2) dalam Bahasa Arab mempunyai i’rob, sedangkan Bahasa Inggris merunut pada perubahan tenses. 3) dalam Bahasa Arab ada penyesuaian antara musnad dan musnad ilaih dari segi jumlah dan jenisnya, sedangkan dalam Bahasa Inggris terkadang ada penyesuaian antara subjek dan kata kerja (predikat). 4) dalam kalimat pasif Bahasa Arab kedudukan subjek berubah mengganti objek, begitupulah dalam Bahasa Inggris. 5) dalam Bahasa Arab, subjek dalam kalimat pasif selalu dihilangkan, sedangkan dalam Bahasa Inggris terkadang juga dihilangkan bila sudah diketahui pelakunya (doer/ by agent). Dari perbedaan ini kemungkinan akan mempersulit siswa dalam mempelajari kalimat aktif-pasif dari kedua bahasa tersebut, oleh karena itu diharapkan fokus pada perbedaan dan pembiasaan terhadap tadribat. Dari pendekatan tentang esensi bahasa, penulis menawarkan metode yang mendukung dalam pengajaran kalimat aktif-pasif yaitu metode Audio-Lingual dengan segala atributnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Analisis Kontrsastif, Kalimat Aktif-Pasif Bahasa Arab dan Inggris,Kesulitan Berbahasa.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Jan 2016 08:08
Last Modified: 22 Jan 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum