PENGGUNAAN STRATEGI WORD SQUARE SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI KELAS VI SD MUHAMMADIYAH GENDENG BACIRO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

HALIMATUS SA’DIYAH, NIM. 10420068 (2015) PENGGUNAAN STRATEGI WORD SQUARE SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI KELAS VI SD MUHAMMADIYAH GENDENG BACIRO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN STRATEGI WORD SQUARE SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI KELAS VI SD MUHAMMADIYAH GENDENG BACIRO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
10420068_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN STRATEGI WORD SQUARE SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT KEMAMPUAN MENGINGAT KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN DI KELAS VI SD MUHAMMADIYAH GENDENG BACIRO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
10420068_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang sangat penting dan harus dikuasai oleh pembelajar bahasa asing untuk bisa berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa tersebut. Untuk dapat menguasai bahasa asing dengan baik maka diperlukan penambahan kosakata agar semakin banyak perbendaharaan kosakata tersebut. Penambahan kosakata yang baru dikenal dalam ingatan siswa memiliki kecenderungan untuk mudah dilupakan, sehingga siswa cepat lupa dengan kosakata yang baru diterimanya. Menyikapi permasalahan tersebut perlu adanya strategi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat memperkuat ingatan siswa terhadap kosakata bahasa Arab yang telah dipelajarinya yaitu dengan menggunakan strategi word square. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Gendeng yang berjumlah 26 Siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi serta masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif, dan data yang bersifat angka dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitaif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: pelaksanaan hasil evaluasi siswa menunjukkan adanya peningkatan, hal ini terbukti dari: pelaksanaan pretest yang rata-rata 39,61, meningkat pada pelaksanaan siklus I menjadi 61,15, dan meningkat lagi pada pelaksanaan siklus II menjadi 75,38.Berdasarkan hasil evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi word square dapat memperkuat kemampuan mengingat kosakata bahasa arab siswa, hal tersebut sesuai dengan indikator kinerja keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu nilai rata-rata skor kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab siwa meningkat sebesar 70. Penggunaan strategi word square dalam pembelajaran kosakata dapat memiliki implikasi dan pengaruh, yaitu: (1) siswa dapat menguasai kosakata yang diajarkan; (2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (3) dapat memperkuat kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab; (4) dapat menulis kosakata sesuai karakter huruf dan bunyinya; (5) dapat menguasai makna atau arti dari kosakata tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Radjasa Mu‟tasim,M.Si
Uncontrolled Keywords: Word Square, Kemampuan Mengingat, Kosakata.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jan 2016 09:10
Last Modified: 25 Jan 2016 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19039

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum