POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1 MANONJAYA TASIKMALAYA

SANDRA HERYAWAN, NIM. 08410172 (2015) POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1 MANONJAYA TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1 MANONJAYA TASIKMALAYA)
08410172_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POLA KREATIVITAS GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 1 MANONJAYA TASIKMALAYA)
08410172_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)

Abstract

SANDRA HERYAWAN,08410172 . Pola kreativitas guru PAI dan Budi Pekerti dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Manonjaya Tasikmalaya. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa daya kreasi seorang guru dalam mengajar akan menjadi motivasi tersendiri bagi peserta didik. Dengan kreativitas seorang guru, bukan tidak mungkin peserta didik yang mengalami kesulitan belajar akan terbantu dan termotivasi serta dapat mengantarkan anak didik kearah pencapaian tujuan pembelajaran yang maksimal. Oleh karena itu, pada kurikulum 2013 ini tidak hanya murid yang dituntut untuk kreatif tetapi guru pun harus lebih kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pola kreativitas guru PAI dan Budi Pekerti dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Manonjaya Tasikmalaya. Diharapkan tulisan ini dapat menambah khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan, terutama tentang wacana pengembangan kreativitas guru di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yaitu penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik dan memaparkan tentang obyek yang sebenarnya di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasi data, memilah data menjadi satuan yang dapat dikelola, mensitesiskan, mencari dan menemukan pola, menemukan sesuatu yang penting dan apa yang dipelajari, serta memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kreativitas guru PAI dan Budi Pekerti di SMA N 1 Manonjaya Tasikmalaya mempunyai tiga pola yaitu: pertama, mendesain materi semenarik mungkin, dan tidak terpaku pada satu buku pedoman saja. Kedua, guru menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang beragam. Ketiga, menggunakan metode penilaian yang komprehensif yang mencakup pada tiga ranah. Ranah kognitif, afektif dan psikomotor. (2) faktor pendukung kreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu respon positif dari guru dan peserta didik serta semangat guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam melaksanakan kurikulum 2013 sebagai sesuatu yang baru dan penuh tantangan, ditambah lagi dengan tersedianya sarana dan prasarana yang dirasa cukup lengkap. Adapun yang menjadi faktor penghambat kreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah banyaknya jumlah rombongan belajar sehingga menyulitkan guru untuk menerapkan pendekatan saintifik secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Munajat, M.Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:48
Last Modified: 25 Jan 2016 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19046

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum