PEMBINAAN KEAGAMAAN REMAJA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MELALUI KAJIAN SABTU MALAM DI DUSUN NGIPIKSARI HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN

GHUFRON BAHTIAR, NIM. 08410222 (2015) PEMBINAAN KEAGAMAAN REMAJA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MELALUI KAJIAN SABTU MALAM DI DUSUN NGIPIKSARI HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN KEAGAMAAN REMAJA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MELALUI KAJIAN SABTU MALAM DI DUSUN NGIPIKSARI HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN)
08410222_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN KEAGAMAAN REMAJA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK MELALUI KAJIAN SABTU MALAM DI DUSUN NGIPIKSARI HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN)
08410222_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)

Abstract

GHUFRON BAHTIAR, Pembinaan Keagamaan Remaja Islam dalam Meningkatkan Akhlak melalui Kajian Sabtu Malam di Dusun Ngipiksari, Hargobinangun, Pakem. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Skripsi di atas adalah sebagai upaya untuk mengetahui tentang pembinaan keagamaan,remaja islam dalam meningkatkan akhlak melalui kajian sabtu malam di dusun ngipiksari hargobinangun pakem sleman agar sesuai norma, mengingat banyaknya karakter remaja masa kini yang tidak islami dan sering keluar dari norma dan nilai-nilai agama. Hal ini dikarenakan kurang intensifnya orangtua dalam membentuk karakter anaknya agar menjadi generasi bangsa yang dapat diandalkan. Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan langkah-langkah mendeskripsikan faktafakta yang ada di lapangan seperti diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara (interview), dari perolehan data tersebut kemudian dianalisis. Setelah dipelajari, dibaca, dan ditelaah, langkah berikutnya adalah mengadakan reduksi data yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi, yaitu usaha membuat rangkuman yang inti, proses, dan pernyataan-pernyataan yang perlu dijaga sehingga tetap berada di dalamnya.Langkah selanjutnya ialah menyusun dalam satuan-satuan. Satuan-satuan tersebut kemudian dikategorisasikan pada langkah berikutnya. Kategorisasi-kategorisasi itu dibuat sambil melakukan koding. Tahap akhir dari analisi data ini adalah melakukan pemeriksaan keabsahan data. Setelah selesai tahap ini, mulailah melakukan tahap penafsiran data dalam mengolah hasil sementara menjadi teori subtantif. Dari metode yang penulis gunakan dalam menganalisis data penelitian, terdapat hasil penelitian yakni pertama, pembinaan keagamaan remaja islam dalam meningkatkan akhlakmelalui kajian Sabtu malam di Dusun Ngipiksari Hargobinangun Pakem dilaksanakan dengan beberapa metode, yakni metode menghafal, ceramah, praktek, dan latihan. Metode-metode tersebut dapat membantu dan menumbuhkan akhlak secara islami dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, penerapan kajian sabtu malam di Dusun Ngipiksari di antaranya adalah: a) Membentuk remaja yang berakhlak islami, b) Menciptakan lingkungan yang agamis, c) Meningkatkan kemampuan berpikir secara mandiri dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:55
Last Modified: 25 Jan 2016 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum