PENERAPAN PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RANAH KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM

MUHAMMAD LUQMAN HADI, NIM. 08410243 (2015) PENERAPAN PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RANAH KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RANAH KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM)
08410243_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN RASIONAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RANAH KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM)
08410243_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)

Abstract

MUHAMMAD LUQMAN HADI, Penerapan Pendekatan Rasional Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ranah Kognitif Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pakem. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya untuk mengetahui dan mendalami tentang materi-materi PAI yang diajarkan di sekolah SMP Muhammadiyah Pakem secara rasional, mengingat banyaknya pendekatan jenis rasional ini digunakan di dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dikarenakan banyaknya aspek/ranah yang bisa membantu dan melatih siswa-siswi secara kognitif yang berkesesuaian dengan rasionalitas berpikir yang kritis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan langkah-langkah mendeskripsikan fakta-fakta yang ada di lapangan seperti diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara (interview), dari perolehan data tersebut kemudian dianalisis. Setelah dipelajari, dibaca, dan ditelaah, langkah berikutnya adalah mengadakan reduksi data yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi, yaitu usaha membuat rangkuman yang inti, proses, dan pernyataan-pernyataan yang perlu dijaga sehingga tetap berada di dalamnya.Langkah selanjutnya ialah menyusun dalam satuan-satuan.Satuan-satuan tersebut kemudian dikategorisasikan pada langkah berikutnya. Kategorisasi-kategorisasi itu dibuat sambil melakukan koding. Tahap akhir dari analisi data ini adalah melakukan pemeriksaan keabsahan data. Setelah selesai tahap ini, mulailah melakukan tahap penafsiran data dalam mengolah hasil sementara menjadi teori subtantif. Hasil penelitian menunjukkan pertama, penerapan pendekatan rasional ranah kognitif di SMP Muhammadiyah Pakem dilaksanakan dengan beberapa cara, yakni dengan menghafal, ceramah, praktek, analisis, sintesis, dan latihan. Dari penerapan tersebut dapat membantu dan mengasah kemampuan berpikir siswa-siswi secara rasional. Kedua, hasil kualitatif penerapan pendekatan rasional ranah kognitif di SMP Muhammadiyah Pakem di antaranya adalah: a) Membentuk berpikir logis dan kritis, b) Memperluas wawasan dengan pikiran yang terbuka, c) Meningkatkan kemampuan berpikir secara mandiri dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendekatan rasional, Pembelajaran PAI, Ranah kognitif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:01
Last Modified: 25 Jan 2016 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum