IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KE-NU-AN UNTUK MENUMBUHKAN RASA KEBANGSAAN SISWA DI MA AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL

FATKHURROHIM, NIM. 08410255 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KE-NU-AN UNTUK MENUMBUHKAN RASA KEBANGSAAN SISWA DI MA AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KE-NU-AN UNTUK MENUMBUHKAN RASA KEBANGSAAN SISWA DI MA AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL)
08410255_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KE-NU-AN UNTUK MENUMBUHKAN RASA KEBANGSAAN SISWA DI MA AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL)
08410255_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FATKHURROHIM. Implementasi Pembelajaran ke-NU-an untuk Menumbuhkan Rasa Kebangsaan Siswa di MA Al-Ma`had An-Nur Ngrukem Sewon Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya menumbuhkan rasa kebangsaan kepada siswa karena dalam kehidupan sosial masyarakat masih terjadi konflik-konflik baik antar suku, ras, agama atau bahkan hanya karena perbedaan pendapat saja. Untuk itu MA Al-Ma‟had An-Nur menerapkan pembelajaran ke-NU-an sebagai salah satu sarana untuk menumbuhkan rasa kebangsaan siswa, karena ke-NU-an merupakan salah satu mata pelajaran mulok wajib sebagai ciri khas dari lembaga pendidikan Ma‟arif NU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan implementasi pembelajaran ke-NU-an untuk menumbuhkan rasa kebangsaan siswa, serta keberhasilan pengimplementasiannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi lembaga pendidikan tersebut dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran ke-NU-an untuk menumbuhkan rasa kebangsaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA Al-Ma`had An-Nur Ngrukem Sewon Bantul. Subyek dari penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu: kepala madrasah, guru pengampu mata pelajaran ke-NU-an dan siswa-siswi kelas XII IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif, dengan langkah analisis: pengumpulan data, reduksi data, display data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Proses implementasi pembelajaran ke- NU-an untuk menumbuhkan rasa kebangsaan siswa di MA Al-Ma`had An-Nur Ngrukem menggunakan beberapa metode pembelajaran yaitu: metode ceramah, diskusi kelompok, keteladanan, bercerita, dan pengenalan tokoh. Dalam pembelajaran ke-NU-an, untuk menumbuhkan rasa kebangsaan disisipkan juga nilai-nilai karakter yang merupakan bagian dari karakter bangsa, diantaranya adalah: nilai religius, tanggungjawab, disiplin, toleransi, demokratis, semangat kebangsaan dan cinta tanah air. 2) Keberhasilan yang terlihat dari implementasi pembelajaran ke-NU-an untuk menumbuhkan rasa kebangsaan siswa di MA Al- Ma`had An-Nur diantaranya adalah terciptanya sikap religius, tanggung jawab, disiplin, toleransi, demokratis, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, dengan indicator-indikatornya. Dengan ditanamkannya nilai-nilai tersebut secara komplek maka akan menumbuhkan rasa kebangsaan pada diri setiap siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaranke-NU-an dan Rasa Kebangsaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:04
Last Modified: 25 Jan 2016 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum