PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

AZAM, NIM. 08410275 (2015) PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)
08410275_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)
08410275_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)

Abstract

Azam. Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Akhlak Pada Siswa Kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Skripsi.Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan prestasi belajar dan peningkatannya dalam mata pelajaran akhlak pada siswa VIII A di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian ini mengambil model Kemmis dan Mc Taggart, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflecting), keempat langkah tersebut merupakan satu siklus atau putaran, artinya sesudah langkah ke empat lalu kembali ke langkah pertama, dan seterusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Sleman yang berjumlah 24 siswa. Penerapan metode sosiodrama pada siswa kelas VIII A, terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang dilakukan pada pra-siklus, dimana prestasi belajar siswa baru mencapai 12,5%, kemudian meningkat menjadi 33,3% pada siklus I. Artinya telah terjadi peningkatan sebesar 20,8%. Setelah diadakan tindakan kembali pada siklus II, prestasi belajar siswa meningkat kembali menjadi 62,5%, yang berarti dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 29,2%. Jika dihitung adanya peningkatan dari pra-siklus sampai ke siklus II maka terjadi peningkatan sebesar 50% dari 12,5% sebelum tindakan, menjadi 62,5% setelah diadakan tindakan sampai ke siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Sosiodrama, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:08
Last Modified: 25 Jan 2016 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19056

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum