KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES (ASPEK KECERDASAN KINESTETIK) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PAI RANAH PSIKOMOTORIK DI SMP LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) SOLO

ELOK FAIKOH, NIM. 10410074 (2015) KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES (ASPEK KECERDASAN KINESTETIK) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PAI RANAH PSIKOMOTORIK DI SMP LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) SOLO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES (ASPEK KECERDASAN KINESTETIK) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PAI RANAH PSIKOMOTORIK DI SMP LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) SOLO)
10410074_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MULTIPLE INTELLIGENCES (ASPEK KECERDASAN KINESTETIK) DAN IMPLEMENTASINYA DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PAI RANAH PSIKOMOTORIK DI SMP LAZUARDI KAMILA GLOBAL ISLAMIC SCHOOL (GIS) SOLO)
10410074_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ELOK FAIKOH. Konsep Multiple Intelligences (Aspek Kecerdasan Kinestetik) dan Implementasinya dalam Strategi Pembelajaran PAI Ranah Psikomotorik di SMP Lazuardi Kamila Solo. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah setiap siswa memiliki potensi kecerdasan yang berbeda. Begitu juga cara masing-masing siswa tersebut belajar dan menangkap informasi yang disampaikan guru saat pembelajaran. Penting bagi guru untuk mengemas pembelajaran tersebut secara kreatif dan menyesuaikan dengan gaya belajar siswa agar informasi mudah dan cepat diterima para siswanya. Salah satu sekolah menengah yang telah menerapkan konsep multiple intelligences (MI) adalah SMP Lazuardi Kamila. Sekolah tersebut merupakan sekolah yang belum lama berdiri, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep MI dan bentuk penerapannya di sekolah tersebut. Selain itu, berdasarkan wawancara, guru PAI Lazuardi Kamila jarang sekali menggunakan strategi MI aspek kinestetik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi konsep MI yang lebih spesifik pada aspek kecerdasan kinestetik dalam strategi pembelajaran PAI ranah psikomotorik di SMP Lazuardi Global Islamic School (GIS) Solo, serta faktor yang menghambat dan mendukung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Lazuardi Kamila GIS Solo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis Miles and Huberman, berupa reduksi data, display data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Konsep MI diterapkan mulai dari penerimaan siswa baru, proses pembelajaran, sampai pada fasilitas dan program-program yang diadakan sekolah. Namun, konsep MI di SMP Lazuardi Kamila lebih dimaknai dengan bagaimana memahami, dan menyesuaikan gaya belajar siswa. (2) Implementasi konsep MI dalam strategi pembelajaran PAI, khususnya aspek kinestetik, dilaksanakan dengan beberapa bentuk, yaitu : 1) aktivitas yang bukan berupa tes, 2) aktivitas aktivitas yang memerlukan kinerja atau performance, dan 3) aktivitas yang melibatkan gerak motorik, baik dalam kegiatan pra (apersepsi) maupun inti pembelajaran. (3) Faktor yang mendukung adalah dari pihak sekolah, guru dan terapis, siswa, fasilitas serta sumber belajar yang memadai. Sedangkan, faktor yang menghambat yaitu adanya perbedaan gaya belajar siswa, latar belakang pendidikan siswa sebelum masuk SMP Lazuardi Kamila dan perilaku siswa yang tiba-tiba tidak baik akibat bawaan didikan orangtua di rumah .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Konsep Multiple Intelligences, Strategi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:21
Last Modified: 25 Jan 2016 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum