PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIROAH DENGAN SISTEM SOROGAN DI PONDOK PESANTREN AL FITHROH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL

BURHAN MUSYAFAK, NIM. 11420029 (2015) PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIROAH DENGAN SISTEM SOROGAN DI PONDOK PESANTREN AL FITHROH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIROAH DENGAN SISTEM SOROGAN DI PONDOK PESANTREN AL FITHROH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL)
11420029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MAHARAH AL QIROAH DENGAN SISTEM SOROGAN DI PONDOK PESANTREN AL FITHROH JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL)
11420029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (742kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Sorogan di Pondok Pesantren Al-Fithroh Jejeran Wonokromo Pleret Bantul dalam meningkatkan Mahārah Al-qirā’ah . Kemudian di harapkan juga mampu memberikan solusi terhadap kendala dalam penerapan sistem sorogan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang di gunakan dalam wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul di olah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Sistem sorogan di pondok pesantren Al-Fithroh Jejeran Wonokromo Pleret Bantul banyak mengalami modifikasi dan perbedaan dalam proses membaca dan menerjemahkan kitab kuning dilakukan dengan kata perkata dan menyebutkan kedudukannya dari sisi nahwu dan shorof , dan kemudian menghafalkannya. Dan perbedaan sistem sorogan yang diterapkan di Pondok Pesantren Al Fithroh terletak pada pelaksanaannya, tehnik pengajarannya dan pengajarnya. khususnya putra, terdapat dua sistem sorogan, yaitu sorogan pengasuh dan sorogan komplek. Sedangkan di komplek putri hanya terdapat satu sistem sorogan yang diterapkan. Sistem sorogan juga memiliki Kelebihan dan kelemahan ada beberapa kelebihan, diantaranya : Terjadi hubungan yang erat antara guru dengan santri, guru lebih mudah untuk melihat kemampuan santri, keaktifan, kerajinan. Sedangkan kelemahan sistem sorogan, Adanya sistem sorogan Membuat santri cepat bosan karena metode ini menuntut ketaatan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sistem Sorogan, tehnik pengajaran, Pondok Pesantren,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:44
Last Modified: 25 Jan 2016 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum