PENERAPAN SANKSI TERHADAP KEJAHATAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013

M. FAIZIN, NIM. 11340123 (2015) PENERAPAN SANKSI TERHADAP KEJAHATAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SANKSI TERHADAP KEJAHATAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SANKSI TERHADAP KEJAHATAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013)
BAB II, III, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang penerapan sanksi yang kurang efektif terhadap anak pelaku tindak pidana (anak nakal) di Pengadilan Negeri Yogyakarta Tahun 2012-2013. Dimana proses penjatuhan sanksi terhadap anak lebih menitik beratkan pada pertimbangan Normatif Yuridis dan kurang memperhatikan aspek Non Yuridis, seperti faktor sosiologis, kriminologis, psikis, filosofis atau beban mental yang akan diterima oleh anak akibat pidana penjara. Padahal jika kita cermati lebih mendalam, pesan ataupun maksud yang tersirat dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak adalah lebih menekankan kepentingan terbaik untuk anak. Dimana anak harus mendapatkan pendidikan dan anak tidak boleh dijauhkan dari orang tuanya. Hakim dalam menjatuhkan pidana tidak boleh merusak mental anak yang dapat menghambat perkembangan dalam menjalankan kehidupan selanjutnya. Pokok masalah dari penelitian ini adalah: Apakah penerapan sanksi terhadap kejahatan yang dilakukan oleh anak di Pengadilan Negeri Yogyakarta sesuia dengan Undang-Undang No 3 Tahun 1997 dan bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap anak pelaku tindak pidana? Penelitian ini termasuk kategori library research atau penelitian pustaka, yaitu riset yang dilakukan dengan jalan mempelajari, menelaah dan memeriksa bahan-bahan kepustakaan yang ada relevansinya dengan penerapan sanksi terhadap kejahatan yang dilakukan oleh anak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif. Data kualitatif ini diperoleh dari hasil studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara dengan hakim. Walaupun penelitian ini termasuk kategori library research, penulis tetap melakukan wawancara dengan Ibu Suswanti, S.H., M.Hum. selaku Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta untuk menggali informasi dalam rangka menguatkan data yang akan diteliti. Setelah dilakukan penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan sanksi terhadap kejahatan yang dilakukan oleh anak di Pengadilan Negeri Yogyakarta tahun 2012-2013 kurang relefan dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak. Melihat semangat dan maksud yang tersirat dalam Undang-undang No 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak tersebut sangat jelas bahwa hakim mendasari pertimbangan dalam mengadili dan memutus perkara tindak pidana anak selain memperhatikan hukum positif, dengan etika profesinya juga harus memperhatikan faktor kriminologis, sosiologis, dan psikologis seorang anak. Selain itu, hakim dalam menerapkan sanksi pidana terhadap anak juga harus memperhatikan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan Undang Undang Nomor 7 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Kata kunci:Penerapan Sanksi, Kejahatan Anak, Pengadilan Negeri Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. AHMAD BAHIEJ, S.H., M.Hum. 2. Dr. H. MAKHRUS MUNAJAT, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Penerapan Sanksi, Kejahatan Anak, Pengadilan Negeri Yogyakarta
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Jan 2016 08:32
Last Modified: 26 Jan 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19069

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum