PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA ILLEGAL FISHING DI INDONESIA(STUDI KASUS PENYALAHGUNAAN METODE TANGKAPAN DENGAN BAHAN PELEDAK DI WILAYAH PERAIRAN KABUPATEN ALOR)

ZULKIFLI KOHO, NIM: 11340150 (2015) PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA ILLEGAL FISHING DI INDONESIA(STUDI KASUS PENYALAHGUNAAN METODE TANGKAPAN DENGAN BAHAN PELEDAK DI WILAYAH PERAIRAN KABUPATEN ALOR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA ILLEGAL FISHING DI INDONESIA(STUDI KASUS PENYALAHGUNAAN METODE TANGKAPAN DENGAN BAHAN PELEDAK DI WILAYAH PERAIRAN KABUPATEN ALOR))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA ILLEGAL FISHING DI INDONESIA(STUDI KASUS PENYALAHGUNAAN METODE TANGKAPAN DENGAN BAHAN PELEDAK DI WILAYAH PERAIRAN KABUPATEN ALOR))
BAB II, III, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Illegal fishing merupakan kegiatan penangkapan yang dilakukan bertentangan dengan peraturan-peraturan yang telah ada serta merupakan kegiatan pelanggaran hukum. Penangkapan ikan secara illegal di Indonesia adalah segala bentuk penangkapan ikan yang melanggar Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang-Undang No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan. Penegakan hukum tidak terlepas dari aparatur penegak hukum yang terlibat dalam proses tegaknya hukum itu, dimulai dari, polisi, jaksa, hakim, dan petugas sipir pemasyarakatan yang keseluruhannya memiliki tugas atau perannya yaitu terkait dengan kegiatan pelaporan atau pengaduan, penyelidikan, penyidikan, penuntutan, pembuktian, penjatuhan vonis dan pemberian sanksi, serta upaya pemasyarakatan kembali (resosialisasi) terpidana. Penegakan hukum di bidang perikanan merupakan tugas dan tanggung jawab yang dilakukan oleh Lembaga Kepolisian dan Pegawai Negeri Sipil Perikanan (PPNS) serta Perwira TNI AL. sebagaimana diatur dalam pasal 73 Undang – Undang No 45 Tahun 2009. Pokok masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana upaya yang dilakukan Dinas kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor dan Polres Alor dalam melakukan penegakan Hukum tindak pidana Illegal Fishing di wilayah perairan Kabupaten Alor serta Apa hambatan yang di hadapi dalam melakukan penegakan hukum illegal fishing di wilayah perairan Kabupaten Alor. Tujuan penelitian ini adalah utuk mengetahui berbagai macam upaya yang dilakukan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor dan Polres Alor dalam melakukan Penegakan Hukum tindak pidana illegal fishing serta mengetahui berbagai macam hambatan yang dihadapi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor dan Polres Alor dalam melakukan penegakan hukum tindak pidana illegal fishing. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode kualitatif. dalam penelitian ini lokasi yang dipilih adalah Dinas kelautan dan perikanan kabupaten Alor dan Polres Alor Adapun hasil penelitian adalah dalam menanggulangi serta memberantas tindak pidana illegal fishing di wilayah perairan Kabupaten Alor dilakukam dengan upaya Preventif yaitu Penyuluhan dan sosialisasi, Mengadakan Patroli, Mengadakan kegiatan peningkatan ekonomi, Membentuk POKMASWAS serta Upaya Represif yaitu Menangkap, menahan dan memeriksa tersangka, Menggeledah sarana dan prasarana perikanan yang diduga digunakan dalam atau menjadi tempat melakukan tindak pidana di bidang perikanan, Memeriksa kelengkapan dan keabsahan dokumen usaha perikanan, Menandatangi berita acara dan menyerahkan berkah perkara kepada kejaksaan. Kendala yang dihadapi adalah Sarana Prasarana dan Biaya operasional, Keterbatasan Sumberdaya Manusia (Ahli laboratorium forensik), Penegakan hukum lemah, Sosial dan ekonomi Kata kunci : Penegakan Hukum, IllegalFishing, PerairanKab.Alor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum. 2. ACH. TAHIR, S.H.I., S.H., LL.M., M.A.
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, IllegalFishing, PerairanKab.Alor
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Jan 2016 08:40
Last Modified: 26 Jan 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19071

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum