OPTIMALISASI FUNGSI ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA

WIWI PURNAMA SARI, NIM. 11410077 (2015) OPTIMALISASI FUNGSI ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI FUNGSI ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
11410077_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI FUNGSI ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA)
11410077_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

WIWI PURNAMA SARI. Optimalisasi Fungsi Alam Sebagai Media Pembelajaran PAI dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dewasa ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah menyebabkan kesalahan pola perilaku manusia dalam berhubungan dengan alam. Rasa peduli lingkungan kian memudar seiring perkembangan zaman, khususnya di kalangan pelajar. Alam menjadi salah satu media pembelajaran PAI yang dapat digunakan dalam membentuk karakter peduli lingkungan bagi siswa di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang optimalisasi fungsi alam sebagai media pembelajaran PAI dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana bentuk optimalisasi fungsi lingkungan alam sebagai media pembelajaran PAI dan bagaimana proses pembentukan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran PAI di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk optimalisasi fungsi lingkngan alam yang digunakan sebagai media pembelajaran PAI dan mendiskripsikan proses pembentukan karakter peduli lingkungan siswa dalam pembelajaran PAI di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dngan metode kualitatif dengan mengambil latar SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Pengupulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Analisis data untuk data angket dilakukan dengan analisis deskriptif, kemudian dilakukan analisis dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dlakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Optimalisasi fungsi alam sebagai media pembelajaran PAI di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta meliputi lingkungan alam dan lingkungan sosial sekolah. Optimalisasi tersebut dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler PAI dan ekstrakurikuler yang mendekatkan siswa pada lingkungan alam seperti: pramuka/kepanduan, research camp, mabit, home stay, outing, ketrampilan dan seni PAI (nasyid) dan mentoring. (2) Proses pembentukan karakter peduli lingkungan pada siswa di SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta dalam pembelajaran PAI yang menggunakan media alam melalui: 1) Kegiatan Intrakurikuler PAI yaitu melalui strategi dalam kegiatan pembelajaran PAI, seperti: perintah (al amr), pembiasaan dan teladan (qudwah); 2) Kegiatan Ekstrakurikuler yaitu melalui kegiatan-kegiatan di dalam ekstrakurikuler itu sendiri seperti: kerja bakti, bakti sosial, dan tadabur alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jan 2016 14:09
Last Modified: 26 Jan 2016 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum