EFEKTIVITAS METODE TOKEN EKONOMI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V DI SDIT BAKTI INSANI SLEMAN

FILAILI YUNIANA SARI, NIM. 11410086 (2015) EFEKTIVITAS METODE TOKEN EKONOMI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V DI SDIT BAKTI INSANI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE TOKEN EKONOMI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V DI SDIT BAKTI INSANI SLEMAN)
11410086_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE TOKEN EKONOMI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V DI SDIT BAKTI INSANI SLEMAN)
11410086_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)

Abstract

FILAILI YUNIANA SARI. Efektivitas Metode Token Ekonomi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V Di SDIT Bakti Insani Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penyebab rendahnya prestasi belajar PAIsalah satunya adalah kurangnya motivasi dalam mengikuti pelajaran PAI. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan kurang bervariasi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah metode token ekonomi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode token ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan mengambil latar SDIT Bakti Insani Sleman. Populasi kelas V berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi digunakan subyek penelitian. Pengumpulan data dengan menerapkan metode token ekonomi, tes prestasi belajar dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik uji beda (uji – t). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode token ekonomi dikombinasikan dengan metode lain saat proses pembelajaran. Pemberian token dilakukan setelah perilaku muncul dan dapat pula diberikan diakhir proses pembelajaran. (2) Metode token ekonomi efektif terhadap peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Ini dapat dilihat dri nilai t = 2,607 dengan nilai P=0,011 (<0,05). Ini artinya bahwa ada perbedaan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang signifikan antara kelas eksperimen dan keas kontrol dengan nilai rerata untuk kelas eksperimen adalah 80,96 sedangkan untuk kelah kontrol adalah 72,69. Dengan kata lain proses pembelajaran dengan menggunakan metode token ekonomi lebih efektif dari pada proses pembelajaran yang tidak menggunakan metode token ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: metode token ekonomi, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jan 2016 14:10
Last Modified: 26 Jan 2016 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum