EFEKTIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015

M. PASCA R. ABDI, NIM: 08470040 (2015) EFEKTIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARANPADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (797kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak Guru cenderung kurang dalam menggunakan sistem Teknologi Pembelajaran pada pelajaran berlangsung di dalam kelas. Hal ini terjadi karena kurang efektif dalam menggunakan teknologi pada saat proses pembelajaran sehingga hasil yang diharapkan kurang maksimal kepada siswa. Selain itu problem yang di hadapi guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam proses belajar mengajar diantarnya: kurangnya pemahaman akan teknologi sehingga guru masih sulit menentukan teknologi pembelajaran pada saat proses belajar mengajar, kurangnya pelatihan atau seminar, dana dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, dan siswa cenderung kurang termotivasi dalam merespon materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknologi pembelajaran di MAN Wonokokromo Bantul, untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Teknologi Pembelajaranyang di gunakan guru di MAN Wonokromo Bantul, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat di dalam efektivitas pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan teknologi pembelajaran di MAN WonkoromoBantul.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Data yang terkumpul kemudian di seleksi dan dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak menujukan pembelajaran dengan penggunaan teknologi pembelajaran menjadi lebih efektif. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan teknologi pembelajaran yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak yaitu TV, LCD, Komputer, Internet, Audio Visual, VCD player, Overhead Projector (OHP), serta sarana dan prasarana yang disediakan di sekolah dimanfaatkan betul untuk kegiatan proses belajar mengajar. Efektivitas penggunaan teknologi pembelajaran hal ini dapat dilihat dari dua segi yaitu efektivitas dari segi proses dan efektifitas dari segi hasil. Faktor pendukung dan penghambat efektivitas penggunaan teknologi pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu faktor pendukung dari siswa-siswi Selain itu sarana dan prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi semakin efektif sedangkan faktor penghambat dari guru dan siswa. Perkembangan jaman menuntut guru untuk terus belajar teknologi sedangkan untuk siswa latar belakang siswa yang berbeda-beda, siswa yang memiliki kemampuan di bawah standar, pemahaman siswa yang kurang akan teknologi, sehiggga guru perlu mengadakan bimbingan agar siswa dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kata kunci: Tekhnologi, Efektivitas, Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tekhnologi, Efektivitas, Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:27
Last Modified: 28 Jan 2016 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum