PEMBELAJARAN FIKIH BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DAN APLIKASINYA DALAM PERILAKU KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

WIWI DWI DANIYARTI, NIM. 11410091 (2015) PEMBELAJARAN FIKIH BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DAN APLIKASINYA DALAM PERILAKU KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN FIKIH BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DAN APLIKASINYA DALAM PERILAKU KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
11410091_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN FIKIH BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DAN APLIKASINYA DALAM PERILAKU KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS X DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
11410091_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

WIWI DWI DANIYARTI. Pembelajaran Fikih Berwawasan Lingkungan Hidup dan Aplikasinya Dalam Perilaku Sosial Siswa Kelas X di MAN Tempel Sleman Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kerusakan lingkungan, terjadi banyak bencana yang menyebabkan lingkungan hidup terganggu, oleh sebab itu mata pelajaran Fikih di MAN Tempel yang mengkaji perbuatan manusia dari dalil-dalil syar‟i dan terintegrasi dengan lingkungan hidup dapat dijadikan salah satu solusi untuk membenarkan perilaku manusia sesuai dengan ajaran Islam mulai dari bangku madrasah. Maka sangat penting adanya perencanaan pembelajaran / RPP yang jelas dalam mata pelajaran Fikih untuk menghasilkan pembelajaran yang terarah dan teraplikasikan dalam perilaku kesadaran lingkungan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran Fikih berwawasan lingkungan hidup dan aplikasinya dalam perilaku kesadaran lingkungan siswa di MAN Tempel serta faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana dalam metode penelitian kualitatif ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Supaya data dapat dikatakan valid, maka perlu uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan pembelajaran (RPP) Fikih di MAN Tempel belum menggambarkan berwawasan lingkungan hidup, namun secara eksplisit dalam pembelajaran sudah dapat dikatakan berwawasan lingkungan hidup karena menggunakan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan sarana lingkungan hidup yang ada di sekitar madrasah. (2) Pembelajaran Fikih yang ada di MAN Tempel berpengaruh dalam pembentukan perilaku kesadaran lingkungan pada siswa kelas X. Ini didukung oleh beberapa alasan, yaitu antara lain: materi pembelajaran dalam Fikih terkait lingkungan hidup, metode pembelajaran dan materi yang memanfaatkan sarana lingkungan hidup, kompetensi inti dalam Kurikulum Tiga Belas yang berwawasan lingkungan serta dibantu dengan sistem madrasah / sekolah adiwiyata, kegiatan dan komitmen dari madrasah untuk mewujudkan siswa-siswi yang sadar lingkungan (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi teraplikasinya pembelajaran Fikih berwawasan lingkungan dalam perilaku kesadaran lingkungan hidup adalah keteladanan, motivasi, dan cara mengajar guru yang dapat diterima dan disenangi oleh siswa-siswi. Selain itu dari diri siswa yang sudah menyenangi dan menyayangi lingkungan, tulisan-tulisan yang tertempel di dinding secara tidak langsung dapat dijadikan pengingat akan menjaga lingkungan hidup bagi siswa-siswi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fikih, Lingkungan Hidup, Aplikasi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:41
Last Modified: 28 Jan 2016 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item View Item