ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR JUARA YOGYAKARTA

ULVI MUALIVAH, NIM. 11410093 (2015) ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR JUARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR JUARA YOGYAKARTA)
11410093_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENERAPAN KONSEP KECERDASAN MAJEMUK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR JUARA YOGYAKARTA)
11410093_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ULVI MUALIVAH. Analisis Penerapan Kecerdasan Majemuk Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional Di Kelas IV Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan dari Pendidikan Nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik, akan tetapi masih ada sekolah yang menekankan pada kemampuan logika dan bahasa. Misi SD Juara yang mendidik siswa-siswi dengan konsep kecerdasan majemuk (multiple intelligences) untuk memunculkan setiap keunggulan potensi peserta didiknya ini didirikan sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap dunia pendidikan. Kelas IV sebagai awal berkembanya kemampuan konsentrasi menuntut guru mempunyai tugas yang lebih untuk meningkatkan konsentrasi peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan, menuntut guru untuk lebih kreatif agar semua peserta didik yang mempunyai kemampuan komunikasi (kecerdasan linguistik) rendah dapat memahami materi. Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mayoritas masyarakat memeluk agama islam, idealnya Pendidikan Agama Islam (PAI) mendasari pendidikan-pendidikan lain, serta menjadi primadona bagi masyarakat, orang tua, dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kecerdasan majemuk pada pembelajaran pendidikan agama islam dalam mencapai tujuan pendidikan nasional di kelas IV Sekolah Dasar Juara Yogyakarta, yang pembahasannya meliputi: penerapan dan relevansi penerapan konsep kecerdasan majemuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan mengambil latar di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini; 1) penerapan kecerdasan majemuk yang dilakukan guru pendidikan agama islam yaitu dengan cara pengembangan kecerdasan majemuk melalui setiap kali tatap muka atau satu kali pertemuan. Dengan demikaian dalam satu kali pertemuan akan dikembangkan beberapa kecerdasan. 2) Relevansi penerapan konsep kecerdasan majemuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Juara Yogyakarta yaitu sebagai metode atau cara dalam mencapai tujuan pendidikan nasional secara maksimal. Karena pembelajaran dengan berbasis kecerdasan majemuk (Multiple Intellegences) lebih manusiawi dan akan lebih baik jika kecenderungan individu dihargai dan diasah, bukan diabaikan atau diminimalkan. Penerapan kecerdasan majemuk ini didukung oleh tujuan yang telah tertera pada visi sekolah, dukungan dari semua warga SD Juara, serta dukungan dari orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum maksimalnya tes atau analisis kecerdasan/potensi yang dimiliki oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait. M.Ag
Uncontrolled Keywords: kecerdasan; majemuk; multiple; pembelajaran; strategi.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:43
Last Modified: 28 Jan 2016 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum