KONSEP PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

ILIYAS NASARUDDIN SIREGAR, NIM : 08470124 (2015) KONSEP PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (810kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena bahwa maraknya eksploitasi sumber daya alam yang tidak terkontrol, terutama meningkatnya aktivitas produksi manusia yang kurang memperhatikan kelestarian lingkungan hal ini berakibat pada banyaknya bencana yang melanda bumi dan mengancam keberlanghsungan hidup manusia. Aktivitas tersebut memiliki beberapa factor diantaranya kebutuhan hidup yang mendesak namun tidak diimbangi dengan kecakapan sumber daya manusianya, berkembangnya teknologi dalam aktivitas produksi dan kehidupan sehari-hari, dan kurangnya pendidikan dan kesadaran akan pembangunan berkelanjutan. Sementara dalam islam sangat dianjurkan meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan dan mengelola bumi dengan baik sehingga tidak meninggalkan generasi yang lemah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui Konsep Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB). (2) Mengetahui Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (PPB) dalam perspektif Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), yaitu mengumpulkan data dan informasi dari berbagai materi yang terdapat dalam kepustakaan. Metode analisa deskriptif Analysis, sedangkan pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan filosofis dan interpretasi atau penafsiran. Hasil penelitian ini adalah (1) Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan merupakan upaya menanamkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan sejak dini melalui pendidikan formal, non formal dan informal, hal ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kecakapan tiga pilar pembangunan berkelanjutan yaitu ekonomi, ekologi dan sosial-budaya (2) Allah swt. menurunkan manusia ke dunia sebagai khalifah yang berkewajiban mengelola dan bertanggung jawab atas seluruh aktivitas yang terjadi di bumi ini, jika disesuaikan dengan konsepsi pendidikan Islam, Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan diartikan sebagai proses penanaman kesadaran diri tentang tanggung jawab dan keadilan seorang muslim dalam mengelola segala tindakannya selaku wakil Allah di muka bumi yang rahmatan lil alamin. Hal ini berimplikasi pada perilaku yang bijaksana seorang manusia, baik dalam konteks hubungannya kepada sesama manusia (hablu min an-Nas), lingkungan sekitar (hablu min al-Alam), maupun dalam hal perannya beribadah sebagai hamba Allah (hablu min Allah). Oleh karena itu pendidikan merupakan langkah awal yang menuju pembangunan yang berkelanjutan. Kata Kunci: Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan, PPB, Perspektif, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan, PPB, Perspektif, Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2016 09:07
Last Modified: 28 Jan 2016 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum