MODERNISASI KURIKULUM PESANTREN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman)

ARI WIBOWO, NIM. 08470134 (2015) MODERNISASI KURIKULUM PESANTREN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODERNISASI KURIKULUM PESANTREN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MODERNISASI KURIKULUM PESANTREN (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari persoalan perkembangan dan kemajuan pendidikan dimana arus modernisasi menjadi penting dalam pengembangan pendidikan Islam. Sedangkan madrasah diniyah sebagai salah satu bentuk pendidikan Islam diperlukan proses modernisasi sehingga tidak tergerus oleh globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, modernisasi kurikulum pesantren di madrasah diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman telah mengalami proses modernisasi dilihat dari empat hal yaitu 1) digunakannya scientific thinking dalam pembelajaran yang dilakukan dan pengelolaan madrasah yang dijalankan, 2) tata kelola adiministrasi madrasah diniyah yang baik dan tertib, 3) digunakannya alat teknologi informasi, dan 4) terlaksananya tugas keorganisasian dalam pengurus madrasah diniyah Ash-Sholihah. Kedua, bentuk-bentuk modernisasi kurikulum di madrasah diniyah Pondok Pesantren Ash-Sholihah Sleman terdapat pada dua komponen yaitu komponen metode dan evaluasi yang dilakukan. Bentuk modernisasi dalam metode yaitu digunakannya pembelajaran yang menyenangkan dan pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan dalam evaluasi yaitu perencanaan yang terstruktur dalam bentuk kepanitian dan penggunaan alat bantu teknologi komputer dalam pengolahan nilai yang dilakukan. Sedangkan dalam komponen isi tidak ditemukan bentuk modernisasi dikarenakan materi-materi pembelajaran bersumber pada kitab klasik. Kata Kunci: modernisasi, kurikulum, dan madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: modernisasi, kurikulum, dan madrasah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Jan 2016 09:10
Last Modified: 28 Jan 2016 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum