PROFESIONALISME GURU MENURUT H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN

ADITYA NUR PRATAMA, NIM. 11470009 (2015) PROFESIONALISME GURU MENURUT H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFESIONALISME GURU MENURUT H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PROFESIONALISME GURU MENURUT H.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Profesionalisme Guru dalam pendidikan sangat penting dan perlu untuk selalu dikembangkan ditengah arus globalisasi. Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam kemajuan dan kemunduran suatu bangsa. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan adalah guru. Tugas seorang guru adalah mengajar, mendidik, dan melatih. Oleh sebab itu, profesionalisme guru sangat diperlukan. Pada penelitian ini sosok guru profesional dilihat dari pemikiran tokoh yaitu Prof. HAR. Tilaar. Beliau merupakan salah satu pemikir pendidikan kritis yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Kemudian, pemikiran tersebut dihubungkan dengan kebijakan pemerintah yang terdapat pada Undang- Undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Undang-undang tersebut merupakan undang-undang yang mengatur guru dan dosen sehingga dapat menghasilkan guru dan dosen profesional. Namun, pada penelitian ini lebih memfokuskan pada kebijakan yang mengatur guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui profesionalisme guru dalam perspektif H.A.R Tilaar (2) Mengetahui analisis profesionalisme guru dalam UU No. 14 tahun 2005. (3) Mengetahui konsep profesionalisme guru dalam perspektif H.A.R Tilaar terhadap UU No. 14 tahun 2005. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan objek kajiannya, termasuk penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan filosofis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumen. Adapun teknik analisa datanya peneliti menggunakan teknik analisa data content analisys. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah : profesionalisme guru menurut HAR. Tilaar dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu definisi mengenai profesional, guru era modern, pendidikan dan pembinaan guru, tugas guru profesional, sifat-sifat yang harus dimiliki guru profesional, organisasi profesi guru, dan peningkatan profesionalisme guru. Sedangkan profesionalisme guru menurut UU No. 14 tahun 2005 dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu definisi mengenai profesional, kualifikasi, kompetensi dan sertifikasi, hak dan kewajiban guru, pembinaan dan pengembangan, organisasi profesi dan kode etik, kesejahteraan guru. Kemudian, relavansi kedua pendapat yang disampaikan oleh HAR. Tilaar dan kebijakan pemerintah dapat dilihat dari 4 dimensi, yaitu dimensi profesional, dimensi tugas guru, dimensi pembinaan, dan dimensi organisasi. Kata kunci : profesionalisme, guru dan relevansinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Na'imah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: profesionalisme, guru dan relevansinya.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Feb 2016 01:00
Last Modified: 01 Feb 2016 01:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19126

Actions (login required)

View Item View Item