PERAN DAN UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI TAHFIZ AL-QUR’AN KELAS V DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

INKA CRISNAWATI, NIM. 11470014 (2015) PERAN DAN UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI TAHFIZ AL-QUR’AN KELAS V DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN DAN UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI TAHFIZ AL-QUR’AN KELAS V DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN DAN UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI TAHFIZ AL-QUR’AN KELAS V DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah pendidikan merupakan proses secara sadar dalam membentuk siswa untuk mencapai suatu perkembangan menuju tingkat kedewasaan jasmani maupun rohani, dalam proses ini pendidik membimbing siswanya untuk memberikan dukungan atau motivasi dalam mengatasi kesulitan yang sedang dihadapinya. Dalam proses pembelajaran hafalan Al-Qur’an perlu diupayakan bagaimana agar dapat mempengaruhi dan menimbulkan motivasi intrinsik (motivasi dalam diri), melalui penataan metode yang tepat, yang mampu mendorong tumbuhnya motivasi belajar dalam diri siswa. Sedangkan untuk motivasi ekstinsik dapat diciptakan melalui suasana lingkungan yang religius sehingga tumbuh motivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran hafalan Al-Qur’an yang telah diciptakan. Berkaitan dengan masalah ini peran guru untuk meningkatkan motivasi tahfiz diharapkan besar pengaruhnya untuk keberhasilan proses belajar mengafalan Al-Qur’an di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apa saja peran dan upaya guru untuk meningkatkan motivasi tahfiz Al-Qur’an, apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam memotivasi tahfiz Al- Qur’an dan bagaimana hasil motivasi guru terhadap siswa tahfiz Al-Qur’an kelas V di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian lapangan (field research) yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan di analisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi tahfiz Al-Qur'an pada siswa kelas V SDIT Luqman Al-Hakim Internasional ada dua, yaitu memberikan tugas kepada siswa dan memberikan motivasi kepada siswa agar menghafal Al-Qur'an dengan sungguh-sungguh. Upaya yang dilakukan guru ada tiga, yaitu membangkitkan minat siswa, menciptakan suasana yang menyenangkan dan memberikan pujian terhadap keberhasilan siswa.Faktor Pendukung dalam meningkatkan motivasi tahfiz Al-Qur’an adalah keinginan siswa, dukungan orangtua, dan program one day one ayat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah orang tua yang tidak kooperatif terhadap program tahfiz Al-Qur’an, motivasi diri dan kemampuan baca Al-Qur’an siswa. Kata kunci: Peran Guru, Motivasi Tahfiz Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, MSI
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi Tahfiz Al-Qur’an
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:05
Last Modified: 01 Feb 2016 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19127

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum