MANAJEMEN SARANA PRASARANA DIFABEL CORNER DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA TUNANETRA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NOFITA RIDAYANI, NIM : 11470049 (2015) MANAJEMEN SARANA PRASARANA DIFABEL CORNER DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA TUNANETRA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SARANA PRASARANA DIFABEL CORNER DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA TUNANETRA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SARANA PRASARANA DIFABEL CORNER DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA TUNANETRA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pentingnya minat dan kebiasaan membaca berlaku bagi semua anak tanpa melihat bentuk fisik, suku, ras, maupun agama. Disebabkan hal tersebut harus ada upaya yang dilakukan oleh pihak- pihak yang terkait dalam menumbuhkembangkan minat baca anak. Seorang tunanetra membutuhkan sarana prasarana khusus untuk menunjang pendidikan terutama dalam hal membaca. Sarana prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pendidikan. Pengelolaan ini dimaksudkan agar sarana prasarana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengelolaan sarana prasarana yang dikhususkan bagi mahasiswa tunanetra UIN Sunan Kalijaga dapat meningkatkan minat baca mahasiswa tunanetra tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian Difabel corner UIN sunan Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (l)Sistem kelola sarana prasarana Difabel Corner sudah cukup baik serta dikelola dengan sistem inklusi dan sistem konvensional. (2) Beberapa layanan yang disediakan Difobel corner hanya satu layanan yang sering dimanfaatkan oleh pengguna. (3) Kontribusi dari sarana prasarana Difabel Corner terbukti dapat meningkatkan minat baca mahasiswa tunanetra UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh. Qowirn, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, difabel, corner, difabel corner, minat baca
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:32
Last Modified: 01 Feb 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum