HUBUNGAN NILAI DASAR KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL ASPEK KEJUJURAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SMKN 1 NGLIPAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NURCHOLIS, NIM. 11410211 (2015) HUBUNGAN NILAI DASAR KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL ASPEK KEJUJURAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SMKN 1 NGLIPAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN NILAI DASAR KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL ASPEK KEJUJURAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SMKN 1 NGLIPAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11410211_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN NILAI DASAR KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL ASPEK KEJUJURAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SMKN 1 NGLIPAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11410211_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)

Abstract

NURCHOLIS. Hubungan Nilai Dasar Kecerdasan Emosional dan Spiritual aspek kejujuran terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SMKN I Nglipar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya kenakalan remaja yang terjadi di kalangan sebagian anak-anak sekolah, yakni di SMKN 1 Nglipar yang terjadi di lingkungan sekolahan. Diantaranya mencontek saat ujian, saat ulangan harian, keluar pada saat jam pelajaran, membohongi guru piket untuk izin meninggalkan kelas. Sehingga bisa menurunkan prestasi belajar siswa. Dan siswa akan senantiasa menggunakan cara-cara tidak jujur untuk mendapatkan nilai yang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui nilai dasar kecerdasan emosional dan spiritual aspek kejujuran siswa kelas X SMKN 1 Nglipar tahun pelajaran 2014/2015. 2) Mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas X SMKN 1 Nglipar tahun pelajaran 2014/2015. 3) Mengungkap ada tidaknya hubungan antara nilai dasar kecerdasan emosional dan spiriual aspek kejujuran dengan prestasi belajar Siswa SMKN 1 Nglipar tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa muslim kelas X di SMKN I Nglipar sebanyak 220 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Instrumen yang digunakan akan melalui uji analisis instrumen meliputi: analisis validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas. Kemudian uji analisis data menggunakan tehnik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kecerdasan emosional dan spiritual aspek kejujuran di kelas X SMKN 1 Nglipar di kategorikan cukup baik. Karena dapat dilihat dari jumlah meannya adalah 85,96. 2) Prestasi belajar PAI di kelas X SMKN 1 Nglipar di kategorikan cukup baik. Karena dapat dilihat dari jumlah meannya adalah 81,76. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan (rxy= 0,471, p = 0,00. p<0,01) level (two-tailed) antara nilai dasar kecerdasan emosional dan spiritual aspek kejujuran terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X SMKN I Nglipar tahun pelajaran 2014/2015. Keragaman Prestasi belajar PAI dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel kecerdasan emosional dan spiritual aspek kejujuran sebesar 22,2%. Sedangkan 77.8% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:33
Last Modified: 01 Feb 2016 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum