RELIGIOUS DOUBT SISWA BERLATAR BELAKANG SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH BERBASIS ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2014/2015

NUR ARIFIN, NIM. 11410218 (2015) RELIGIOUS DOUBT SISWA BERLATAR BELAKANG SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH BERBASIS ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELIGIOUS DOUBT SISWA BERLATAR BELAKANG SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH BERBASIS ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
11410218_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (RELIGIOUS DOUBT SISWA BERLATAR BELAKANG SEKOLAH UMUM DAN SEKOLAH BERBASIS ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
11410218_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUR ARIFIN. Religious Doubt Siswa Berlatar Belakang Sekolah Umum dan Sekolah Berbasis Islam dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pada seorang anak yang sudah memasuki usia remaja cara berfikirnya lebih realistis, dan tidak semuanya akan diterima secara mentah-mentah. Termasuk dalam pembelajaran PAI sering munculnya materi dimana hal tersebut menimbulkan keraguan dan kebimbangan pada diri siswa, dan setiap siswa dapat menyikapi hal tersebut dengan berbagai macam bentuk, apalagi latar belakang dan bekal pendidikan agama yang sudah diperoleh siswa juga tidaklah sama, termasuk anak yang berasal dari sekolah umum dan sekolah berbasis Islam. Apabila masalah ini tidak tertangani dengan baik, sangat mungkin anak akan semakin jauh dari ketaatan beragamanya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan metode pengumpulan datanya menggunakan metode trianggulasi data. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif. Dalam hal ini peneliti berusaha mendiskripsikan dengan menguraikan bagaimana permasalahan dan kondisi religious doubt yang terjadi pada siswa serta upaya guru dalam mengatasi fenomena tersebut yang kemudian diadakan suatu analisis untuk pengorganisasian data dalam rangka mendapatkan pola-pola atau bentuk-bentuk keteraturan secara memadai, kritis dan bertanggung jawab kemudian peneliti melakukan interpretasi untuk proses pemberian makna terhadap pola-pola atau keteraturan-keteraturan yang peneliti temukan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Permasalahan dan kondisi religious doubt yang terjadi pada siswa bukanlah religious doubt yang sifatnya ekstrem, tetapi religious doubt yang masih wajar dan lebih didominasi permasalahan mengenai perbedaan pendapat masalah furu’ dalam agama Islam, dimana pada siswa yang yang berasal dari sekolah umum nampak lebih tinggi dari pada siswa yang berasal dari sekolah berbasis Islam. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor internal maupun eksternal, beberapa faktor tersebut adalah kesalahan pemuka agama, kebiasaan, pendidikan, pernyataan kebutuhan manusia, kesalahan organisasi keagamaan dan lain-lain. Dari banyak faktor tersebut ada yang saling berkaitan dengan faktor yang lain sehingga dalam pribadi individu bisa dipengaruhi oleh dua atau tiga faktor lebih yang menyebabkan fenomena religious doubt. 2) Upaya guru mengatasi religious doubt pada siswa dilakukan melalui dua cara, yaitu dilakukan dalam proses pembelajaran PAI secara langsung dengan menjawab permasalahan tersebut ketika terjadi sehingga dapat menghindari penumpukan permasalahan yang lebih besar lagi pada diri siswa, dan yang kedua melalui berbagai kegiatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaatan beribadah siswa, diantaranya tadarus Al-Qur’an, Imtaq (Iman dan Taqwa), sholat berjamaah, serta kegiatan 5S. Ketika religious doubt ini dapat teratasi dengan baik maka keimanan dan ketaatan beribadah siswa akan cenderung meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Religious Doubt, Pembelajaran, PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:39
Last Modified: 01 Feb 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum