IMPLEMENTASI BROAD BASED EDUCATION YANG BERORIENTASI PADA LIFE SKILL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM GUNA MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA

PUPUT WAHYU ADI, NIM. 11411013 (2015) IMPLEMENTASI BROAD BASED EDUCATION YANG BERORIENTASI PADA LIFE SKILL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM GUNA MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BROAD BASED EDUCATION YANG BERORIENTASI PADA LIFE SKILL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM GUNA MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA)
11411013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BROAD BASED EDUCATION YANG BERORIENTASI PADA LIFE SKILL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM GUNA MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA)
11411013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PUPUT WAHYU ADI. Implementasi Broad Based Education yang Berorientasi pada Life Skill dalam Pendidikan Agama Islam Guna Membentuk Karakter Religius Siswa di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2015. Latar belakang penelitian ini berasal dari kepedulian penulis tentang kualitas sumber daya manusia khususnya bagi pemeluk agama Islam. Dimana kurangnya karakter religius yang mereka miliki, serta untuk mencari tau sejauhmana penerapan Broad Based Education yang berorintasi pada life skill dalam PAI di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis penerapan broad based education yang berorientasi pada life skill dalam PAI guna membentuk karakter religius siswa di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberi masukan dan menyempurnakan peleksanaan progam broad based education yang berorientasi pada life skill. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar SMK Ma’arif 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data, yakni dengan membandaingkan hasil ketiga metode di atas untuk satu data yang semacam. Analisis data peneliti menggunakan teori dari Mtthew miles dan Michael huberman dengan langkah pertama reduksi data, kemudian penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) bentuk Implementasi Broad Based Education yang berorientasi pada life skill dalam Pendidikan Agama Islam guna membentuk karakter religius siswa di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta dapat dilihat dari integrasi pendidikan kecakapan hidup dengan mata pelajaran pada setiap pokok bahasan yang disusun dan dikembangkan oleh guru. Dalam proses pelaksanaan tersebut karakter religius yang berusaha dibentuk adalah adalah nilai tanggung jawab, nilai toleransi, nilai kejujuran, nilai disiplin, nilai kreatif, nilai menghargai dan peduli lingkungan maupun sosial. (2) Faktor yang menghambat implementasi broad based education yang berorientasi pada life skill dalam pendidikan agama islam guna membentuk karakter religius siswa di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta antara lain: faktor kurangnya sarana dan prasarana, pengaruh teman sebaya, perbedaan individu, dan latar belakang keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: broad based education yang berorientasi pada life skill, karakter religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:44
Last Modified: 01 Feb 2016 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19138

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum