PENANAMAN KEJUJURAN DALAM DIRI PESERTA DIDIK SELARAS DENGAN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM SESUAI KONSEP LINK AND MATCH DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA

MUHAMMAD MUNAWARODIN, NIM. 11411019 (2015) PENANAMAN KEJUJURAN DALAM DIRI PESERTA DIDIK SELARAS DENGAN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM SESUAI KONSEP LINK AND MATCH DI SMK MA’ARIF 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
11411019_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
11411019_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Munawarodin, “Penanaman Kejujuran Dalam Diri Peserta Didik Selaras dengan Pengembangan Mutu Pendidikan Sesuai Konsep Link And Match Di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Dunia usaha dan industri yang menjadi pelanggan pendidikan tidak hanya menginginkan lulusan lembaga pendidikan yang cakap dalam keterampilan kejuruan saja tetapi juga mengharapkan kejujuran. Realitanya, beberapa lembaga pendidikan kejuruan hanya fokus pada pengembangan keterampilan peserta didik tanpa memperhatikan nilai religius sehingga masyarakat mempunyai persepsi buruk terhadap lembaga pendidikan kejuruan, terutama sekolah menengah kejuruan (SMK). Berawal dari masalah tersebut, perlu adanya kecocokan (match) antara lembaga pendidikan dengan dunia usaha dan industri (link), sebagaimana lembaga pendidikan kejuruan ingin menyalurkan hasil didikannya, dan dunia usaha dan industri mengharapkan calon tenaga kerja yang terampil dan memiliki sikap kejujuran yang baik. Dengan konsep link and match ini, guru PAI dan guru lainnya di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta berusaha untuk menanamkan nilai kejujuran dalam diri peserta didik melalui pembelajaran dan program-program sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan relevansi pendidikan Islam dengan konsep link and match dan peran guru PAI dalam menanamkan kejujuran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Ma’arif 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan dokumen. Hasil penelitian menunjukan: 1) Relevansi pendidikan Islam dan konsep link and match adalah kedua-duanya mengharapkan hasil didikan dari lembaga pendidikan mampu mengintegrasikan ilmu umum dan ilmu agama ketika mereka berada dalam kehidupan bermasyarakat dan di dunia usaha dan industri. Pendidikan Islam mengharapkan lulusan tidak hanya menguasai bidang ilmu agama saja tetapi juga menguasai ilmu umum untuk merespon globalisasi. Pendidikan Islam di SMK Ma’arif 1 Yogyakarta berlandas juga pada konsep link and match, yang mana dunia usaha dan industri mengharapkan lulusan yang berkompeten serta mempunyai perilaku yang baik. 2) Peran guru PAI dalam menanamkan kejujuran adalah selalu memberikan pembinaan kepada siswa untuk bersikap jujur dimanapun berada yaitu dengan cara meyampaikan materi keagamaan dengan strategi yang tepat. Strategi yang bisa memberikan pemahaman kognisi, afeksi, dan psikomotorik agar bisa diaplikasikannya ketika berada di masyarakat maupun di dunia usaha dan industri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: kejujuran, link and match, peran guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:46
Last Modified: 01 Feb 2016 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19139

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum