ANALISIS PROSES BIMBINGAN BELAJAR RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PRESPEKTIF PERSON CENTERED COUNSELING PADA SISWA KELAS X MAN 1 MAGELANG

ULVI LATIFAH, NIM. 11411029 (2015) ANALISIS PROSES BIMBINGAN BELAJAR RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PRESPEKTIF PERSON CENTERED COUNSELING PADA SISWA KELAS X MAN 1 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PROSES BIMBINGAN BELAJAR RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PRESPEKTIF PERSON CENTERED COUNSELING PADA SISWA KELAS X MAN 1 MAGELANG)
11411029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PROSES BIMBINGAN BELAJAR RUMPUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PRESPEKTIF PERSON CENTERED COUNSELING PADA SISWA KELAS X MAN 1 MAGELANG)
11411029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ULVI LATIFAH. Analisis Proses Bimbingan Belajar Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Prespektif Person Centered Counseling Pada Siswa Kelas X MAN 1 Magelang.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Magelang berasal dari SMP dan MTs. Sehingga, diterapkan bimbingan belajar bagi siswa kelas X untuk memberikan tambahan pengetahuan. Penelitian ini dianalisis dengan teori Person Centered Counseling Carl Ransom Roges. Masalah penelitian ini beserta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Analisis Proses Bimbingan Belajar Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Prespektif Person Centered Counseling pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN 1 Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Analisis data peneliti menggunakan teori Matthew Miles dan Michael Hubberman dengan langkah pertama reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Analisis Proses Bimbingan Belajar Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Prespektif Person Centered Counseling Magelang adalah: Perencanaan yang meliputi (tujuan bimbingan belajar adalah menyamakan persepsi siswa yang berasal dari SMP dan MTs, materi bimbingan belajar adalah Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dan Bahasa Arab, metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan tugas, media yang digunakan adalah buku cetak Bahasa Arab dan Qiro’ati untuk materi BTA). Pelaksanaan proses bimbingan belajar meliputi, kegiatan awal membuka pelajaran, kegiatan inti dengan menyampaikan materi, dan kegiatan penutup untuk memperoleh hasil dari materi dengan cara menyimpulkan materi. Evaluasi dalam mata pelajaran BTA dilakukan dengan cara pengamatan dan disimpukan dengan deskripsi kulitatif, seperti: sangat baik, baik, cukup dan kurang dan evaluasi dalam mata pelajaran Bahasa Arab dilakukan dengan kegiatan pre test dan post test. (2) Faktor pendukung adalah: pihak sekolah sebagai penyelenggara, lingkungan sekolah yang strategis, guru sebagai pelaksana. Faktor penghambat adalah: siswa yang kurang disiplin, media yang belum memadai, dan waktu pelaksanaan proses bimbingan belajar yang tidak serempak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Person Centered Counseling, Bimbingan Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:50
Last Modified: 01 Feb 2016 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum