PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PHITHAKSAD WITTAYA MULNITHI PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN (TINJAUAN MATERI DAN METODE)

MISS HASUENAH ABOOWA, NIM. 12410182 (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PHITHAKSAD WITTAYA MULNITHI PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN (TINJAUAN MATERI DAN METODE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PHITHAKSAD WITTAYA MULNITHI PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN (TINJAUAN MATERI DAN METODE))
12410182_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PHITHAKSAD WITTAYA MULNITHI PROVINSI PATANI THAILAND SELATAN (TINJAUAN MATERI DAN METODE))
12410182_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MISS HASUENAH ABOOWA. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Phithaksad Wittaya Mulnithi Provinsi Patani Thailand Selatan (Tinjauan Materi dan Metode). Skripsi Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Phithaksad Wittaya Mulnithi Provinsi Patani Thailand Selatan (Tinjauan Materi dan Metode). Kemudian hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk pengembangan pelaksanaan Pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Sekolah Phithaksad Wittaya Mulnithi Provinsi Patani Thailand Selatan. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah yang menjadi subjek dan sekaligussumber informasi, adalah Kepala Sekolah Phithaksad Wittaya Mulnithi, Guru, Staf-staf lainnya dan Peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Phithaksad Wittaya Mulnithi baik ditinjau dari segi materi maupun metode, keduanya saling berkaitan. materi yang diberikan kepada murid dalam proses belajar mengajar pelaksanaannya dibawah koordinasi para ustadz atau guru dengan diprogram untuk murid sistem klasikal berdasarkan tingkat kelas, juga dikelompokkan materi sesuai kategorinya. Sedangkan metode yang dilakukan oleh para guru dalam melakukan proses belajar mengajar, adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode hafalan, metode diskusi, metode pemberian tugas belajar, metode kisah dan metode latihan. Namun metode yang sering digunakan oleh para guru adalah metode ceramah dan metode kisah. 2) Hasil Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam adalah baik/berhasil. Ini dapat dilihat berdasarkan kenyataan kenaikan kelas dalam bentuk presentase menunjukkan rata-rata sebanyak 95% sedangkan ujian negara juga mencapai 95% dari peserta didik yang mengikuti ujian, dan dari kelulusan tersebut dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Phithaksad Wittaya Mulnithi yaitu para guru yang memiliki jiwa semangat dalam melaksanakan penyampaian materi di kelas. Selain itu didukung beberapa peserta didik yang gemar dan senang serta mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatan dalam pelaksanaan pengajaran yaitu kurangnya alat-alat atau media dalam pembelajaran karena kurangnya dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Nur Hamidi, M.A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Feb 2016 08:53
Last Modified: 01 Feb 2016 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum