FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN YANG MASUK KE DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH

NURIYATUL MA`SHUMAH, NIM. 08390038 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN YANG MASUK KE DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN YANG MASUK KE DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH)
08390038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN YANG MASUK KE DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH)
08390038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada perusahaan yang sudah go public, pengelolaan perusahaan terkadang diserahkan pada manajer yang berasal dari luar perusahaan. Manajer ini bekerja untuk memajukan perusahaan sekaligus untuk memperoleh bagian dividen atas sahamnya. Hal ini dalam beberapa kasus akan menyebabkan terjadinya perbedaan pengambilan kebijakan dividen oleh manajer perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dividend payout ratio pada perusahaan yang masuk ke dalam daftar efek syariah. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksplanatori yang bertujuan untuk menjelaskan variabel-variabel independen yaitu Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS),Cash Ratio (CR), Return On Assets (ROA), Size dan Growth. Data diperoleh dari Daftar Efek Syariah periode 2009-2011. Analisis statistik menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan dependen. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan uji beda Independent T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama model regresi dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antara earning per share, size, growth, dept to equity ratio, return on assets dan cash ratio terhadap dividend payout ratio. Sedangkan secara parsial variabel Earning Per Share, Debt to Equity Ratio dan Cash Ratio memiliki pengaruh dan hubungan negatif terhadap Dividend Payout Ratio. Variabel Size dan Return On Assets tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio tetapi memiliki hubungan yang positif. Sedangkan variabel Growth tidak berpengaruh dan memiliki hubungan negatif dengan Dividend Payout Ratio. Sedangkan berdasarkan hasil uji beda independend sample T-test, diketahui bahwa hanya variabel return on memiliki pengaruh yang berbeda pada perusahaan dengan insider ownership dan tanpa insider ownership.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. MISNEN ARDIANSYAH, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Dividend Payout Ratio, Earning Per Share, Cash Ratio, Return On Assets, Size, Growth
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Feb 2016 08:38
Last Modified: 02 Feb 2016 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum