ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, COLLATERALIZABLE ASSETS DAN CORPORATE TAX TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2008-2011

ASYIQ ROSYIDAH ALBI, NIM. 08390101 (2015) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, COLLATERALIZABLE ASSETS DAN CORPORATE TAX TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2008-2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
08390101_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET, COLLATERALIZABLE ASSETS DAN CORPORATE TAX TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2008-2011)
08390101_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dividen merupakan pendapatan yang diperoleh dari penanaman saham setiap periode selama saham masih dimiliki. Investor yang menanamkan modalnya dalam bentuk saham pada suatu perusahaan bertujuan untuk mendapatkan kompensasi berupa dividen atau capital gain. Kebijakan dividen adalah kebijakan perusahaan yang bersangkutan dengan keputusan penentuan bagian laba bersih yang dibayarkan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen serta bagian laba ditahan untuk mendanai investasi perusahaan di masa depan. Setiap perusahaan menentukan kebijakan dividen yang berbeda-beda. Kebijakan dividen perusahaan tergambar dalam dividen payout ratio (DPR). Dividen Payout Ratio adalah rasio pembayaran dividen yang merupakan presentase laba bersih setelah pajak yang dibayarkan kepada pemegang saham sebagai dividen kas. Penelitian ini dilakukan untuk menguji variabel-variabel yang berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah untuk periode 2008-2011. Faktor-faktor tersebut adalah Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institutional, Debt to Equity Ratio, Profitabilitas, Likuiditas, Set kesempatan Investasi, Collateralizable Assets dan Corporate Tax. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian terapan (applied reseach) berdasarkan tujuannya serta bersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sebanyak 36 jumlah sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa hanya Kepemilikan Institutional, Debt to Equity Ratio, dan Set Kesempatan Investasi yang berpengaruh secara signifikan terhadap Kebijakan Dividen. Variabel Kepemilikan Institutional dan Set kesempatan Investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen sedangkan varibel Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian secara simultan diperoleh variabel Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institutional, Debt to Equity Ratio, Profitabilitas, Likuiditas, Set kesempatan Investasi, Collateralizable Assets dan Corporate Tax terbukti secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Besarnya Adjusted Rsquared yaitu 0.491 yang berarti kebijakan dividen dijelaskan oleh variabel independen sebesar 49.1% dan sisanya sebesar 50.9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. IBNU QIZAM, S.E., AKT., M.SI.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Feb 2016 08:42
Last Modified: 02 Feb 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum