STRATEGI ANALISIS KELAYAKAN PEMBIAYAAN MIKRO (STUDI KASUS PADA BANK BJB SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SINGAPARNA TASIKMALAYA)

MUHAMMAD AN’AM AZILI, NIM. 08390154 (2015) STRATEGI ANALISIS KELAYAKAN PEMBIAYAAN MIKRO (STUDI KASUS PADA BANK BJB SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SINGAPARNA TASIKMALAYA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ANALISIS KELAYAKAN PEMBIAYAAN MIKRO (STUDI KASUS PADA BANK BJB SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SINGAPARNA TASIKMALAYA))
08390154_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ANALISIS KELAYAKAN PEMBIAYAAN MIKRO (STUDI KASUS PADA BANK BJB SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU SINGAPARNA TASIKMALAYA))
08390154_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Usaha mikro menjadi salah satu bagian usaha yang memiliki peranan penting dalam menopang perekonomian bangsa. Bank BJB Syariah menjadikan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu misi dalam menjalankan aktivitas perbankan. Pada BJB Syariah KCP Singaparna Tasikmalaya, produk pembiayaan mikro menjadi tantangan tersendiri untuk bisa mengembangkan usaha masyarakat di kota kecil. Penelitian dengan judul “Strategi Analisis Pembiayaan Mikro (Studi Kasus Pada BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Singaparna Tasikmalaya)” menggunakan dua rumusan masalah, yakni bagaimana prosedur pembiayaan mikro serta strategi analisis kelayakan pembiayaan mikro pada Bank BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) KCP Singaparna Tasikmalaya? Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptis analitis dengan jenis field research. Peneliti menggambarkan prosedur pembiayaan mikro dan menganalisis strategi yang digunakan BJB Syariah KCP Singaparna dalam analisis kelayakan pembiayaan mikro. Prosedur pembiayaan mikro di BJB Syariah KCP Singaparna terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap permohonan pembiayaan, tahap analisis pembiayaan, tahap pemberian putusan pembiayaan, tahap pencarian pembiayaan/akad pembiayaan dan tahap pemantauan pembiayaan. Analisis kelayakan pembiayaan mikro menggunakan konsep 5C dengan lebih menekankan aspek character, capacity serta collateral. Strategi dalam menganalisis kelayakan pembiayaan mikro dimulai dari evaluasi internal per tahapan pembiayaan, pengawasan serta peningkatan pangsa pasar dengan cara pendampingan manajemen dan penggunaan system IT, melakukan peran aktif dalam memperoleh nasabah dengan system walk in customer dan mengunjungi nasabah ke tempat usaha atau pasar-pasar untuk mensosialisasikan mengenai pembiyaan mikro serta menjadikan para nasabah UMKM sebagai mitra dengan prinsip win-win solution yaitu pembiayaan tersebut menguntungkan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M.Ag
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Feb 2016 08:46
Last Modified: 02 Feb 2016 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum