PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, TIPE KEPEMILIKAN DAN TIPE INDUSTRI TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI)

AHMAD AMIN NASIR, NIM. 08390164 (2015) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, TIPE KEPEMILIKAN DAN TIPE INDUSTRI TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, TIPE KEPEMILIKAN DAN TIPE INDUSTRI TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI))
08390164_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, TIPE KEPEMILIKAN DAN TIPE INDUSTRI TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI))
08390164_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Islamic Social Reporting merupakan tolak ukur pelaksanaan tanggung jawab sosial perbankan syariah atau entitas Islam yang berisi kompilasi item-item standar CSR yang ditetapkan oleh AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions. Beberapa peneliti mengemukakan bahwa kerangka konseptual Islamic Social Reporting berdasarkan ketentuan syariah Islam, yang tidak hanya untuk membantu para pengambil keputusan muslim tetapi juga untuk membantu perusahaan, terutama perusahaan yang sesuai dengan ketentuan syariah. Menjadi hal yang sangat penting untuk perusahaan mengenai keterbukaan pelaporan yang jelas dan transparan sesuai dengan item-item yang sesuai standar syariah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, tipe kepemilikan dan tipe industri terhadap Islamic Social Reporting perusahaan yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia tahun 2013 dan 2014. Penelitian ini termasuk kategori penelitian pustaka (Library Research), yaitu dengan mengkaji berbagai macam sumber yang tertulis dan menggunakan pengelolaan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Indeks Saham Syariah Indonesia tahun 2013-2014, yang kemudian dijadikan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Total sampel pada penelitian ini ada 41 perusahaan yang dikalikan dua tahun, sehingga total data berjumlah 82. Variabel dependennya adalah Islamic Social Reporting dan variabel independennya yaitu, ukuran perusahaan, profitabilitas, tipe kepemilikan, dan tipe industri. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh secara langsung dari situs BEI. Metode yang digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, terbukti bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan, profitabilitas tidak berpengaruh, tipe kepemilikan dan tipe industri berpengaruh negatif dan signifikan. Gabungan variabel independen penelitian ini menjelaskan kontribusi varian yang diberikan oleh variabel independen penelitian terhadap Islamic Social Reporting adalah sebesar 23,0%, sedangkan sisanya sebesar 77,0% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SUNARSIH, SE., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Islamic social reporting, ukuran perusahaan, profitabilitas, tipe kepemilikan, tipe industri, Indeks saham syariah Indonesia
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 02 Feb 2016 01:47
Last Modified: 02 Feb 2016 01:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19166

Actions (login required)

View Item View Item