FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010 - 2013

ANDREW ROLANDESKA PRATAMA, NIM. 09390101 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010 - 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010 - 2013)
09390101_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010 - 2013)
09390101_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan perbankan syariah di Indonesia dimana merupakan suatu perwujudan dari permintaan masyarakat yang membutuhkan suatu sistem perbankan alternatif, selain menyediakan jasa perbankan/keuangan, juga memenuhi prinsip-prinsip syariah. Sektor pembiayaan mikro, khususnya Unit Usaha Desa (UUD), memerlukan perhatian lebih dengan disahkannya undangundang yang mengaturnya. Kinerja program ini tentunya membutuhkan lembaga keuangan yang memadai. BPRS sebagai lembaga intermediasi disyaratkan memiliki kapasitas yang memadai menjalankan perannya sebagai lembaga intermediasi. Fungsi intermediasi merupakan kegiatan perbankan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pengaruh DPK, CAR, NPF, ROA, ROE, dan BOPO terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh bank pembiayaan rakyat syariah. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang berupa data laporan keuangan triwulanan perbankan syariah yang menjadi sampel selama tahun 2010 sampai dengan 2013 dalam bentuk data tahunan. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji secara parsial (uji t), uji secara simultan (uji F) dengan tingkat signifikansi (α) 5%. Hasil uji t menghasilkan kesimpulan Dana Pihak Ketiga mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR) BPRS. Capital Adequecy Ratio (CAR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap FDR. Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap FDR. Return on Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap FDR. Return on Equity (ROE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap FDR. Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap FDR Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio, Capital Adiquecy Ratio, Non Performing Financing, Dana Pihak Ketiga, Return on Asset, Return on Equity, dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Feb 2016 08:49
Last Modified: 02 Feb 2016 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19167

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum